Kompas.com - 12/12/2014, 09:18 WIB
|
EditorDian Maharani

KOMPAS.com - Buruknya kualitas sperma pada pria bisa menjadi salah salah satu pemicu infertilitas atau ketidaksuburan. Banyak faktor yang menyebabkan kualitas sperma menurun. Salah satunya adalah terlalu lama atau sering memangku laptop.

Dokter spesialis urologi Ponco Birowo menjelaskan, laptop yang menyala dapat membuat bagian paha dan area organ intim terasa panas. Hal ini menyebabkan kenaikan suhu pada testis pria.

"Ini mempengaruhi kesuburan pria karena pembentukan spermatozoa pada testis membutuhkan suhu sekitar 2 derajat celcius di bawah suhu tubuh," ujar Ponco di Rumah Sakit Bunda Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Inilah mengapa posisi testis berada di luar bagian tubuh. Ini agar temperatur testis lebih dingin beberapa derajat dari suhu tubuh. Jika tidak, produksi sperma akan terganggu.

Tak hanya kebiasaan memangku laptop yang menyebabkan kualitas sperma menurun. Seseorang yang aktivitas pekerjaannya selalu berhubungan dengan panas juga bisa mengalami hal yang sama. Misalnya, koki yang selalu dekat dengan kompor panas atau pekerja di bagian mesin.

Gaya hidup tidak sehat juga mempengaruhi kualitas sperma. "Gaya hidup seperti merokok, kurang olahraga, sering pakai celana ketat, itu juga mempengaruhi buruknya kualitas sperma," lanjut Ponco.

Tak dapat dipungkiri, buruknya kualitas sperma menjadi salah satu penyebab infertilitas pada pasangan suami istri. Ponco menjelaskan, masalah infertilitas yaitu ketika pasangan suami istri telah melakukan hubungan intim secara teratur selama lebih dari satu tahun tanpa kontrasepsi, tetapi belum juga mendapat keturunan.

Tak sedikit pasangan suami istri yang mengalami hal ini. Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, sebanyak 25% pasangan suami-istri di dunia mengalami infertilitas. Sebanyak 50 persen penyebab pasangan mengalami infertilitas berasal dari pria
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.