Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Dokter Dengarkan Musik Saat Operasi Pasien

Kompas.com - 14/12/2014, 09:45 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com – Musik dengan melodi yang lembut selama ini dipercaya dapat menenangkan hati maupun pikiran seseorang yang mendengarkannya. Tak heran jika musik sering digunakan sebagai terapi untuk kesehatan. Musik pun ternyata kerap digunakan sejumlah dokter saat melakukan operasi bedah.

Seperti dikutip dari situs huffingtonpost.com, laporan terbaru yang diterbitkan British Medical Journal menyatakan bahwa sejumlah dokter ahli bedah umumnya menyetel musik sekitar 62-72 persen dari waktu selama operasi. Genre yang paling sering dipilih adalah musik klasik.

Sekitar 80 persen staf di ruang operasi mengatakan, musik dapat membuat kerjasama antar anggota tim menjadi lebih baik. Musik juga mengurangi rasa cemas dan meningkatkan efisiensi saat operasi. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa musik dapat membuat dokter ahli bedah lebih fokus saat operasi.

Namun, beberapa ahli medis tidak sependapat. Mereka menilai musik justru dapat mengganggu dan menghambat komunikasi di ruang operasi. Pernyataan itu pun ditentang oleh dokter bedah di Wales. Menurut mereka, dampak positif menyalakan musik lebih besar dibanding dampak negatifnya jika bisa mengendalikan musik menjadi tidak bising.

"Ahli bedah pasti akan terus menggunakan musik untuk menenangkan. Musik akrab dengan praktek sehari-hari mereka," tulis David Bosanquet, James Glasbey, dan Raphael Chavez dalam sebuah koran.

Menurut penelitian, alunan musik yang pelan atau santai di ruang operasi juga dapat dirasakan manfaatnya oleh pasien yang akan menjalani operasi. Sebuah studi tahun 2009 terhadap 372 pasien menunjukkan bahwa permainan musik dengan melodi yang santai lebih efektif mengurangi kecemasan atau rasa tegang  pasien sebelum operasi berlangsung.

Bahkan Pain Research Center di Universitas Utah dalam sebuah studi tahun 2012 menyatakan, musik dapat mengurangi rasa nyeri. Berdasarkan studi ini, jika pasien fokus mendengarkan musik, rasa sakit berkurang sebanyak 17 persen ketika pasien diberi alat kejut listrik.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Singapura juga menemukan bahwa terapi musik dapat mengurangi rasa sakit pasien yang menjalani perawatan paliatif.

"Musik dapat membuat pasien merasa terhubung kembali dengan bagian yang sehat dari diri mereka sendiri, bahkan saat menghadapi kondisi yang lemah atau merasa menderita karena penyakitnya," ujar seorang terapis musik Melanie Kwan dari Asosiasi Terapi Musik, Singapura kepada American Psychological Association.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com