Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2014, 12:05 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis


KOMPAS.com -
Hot yoga adalah salah satu dari banyak jenis kelas yoga. Ruangan di tempat yoga ini dihangatkan sehingga tubuh jadi lebih cepat panas saat latihan yoga. Keringat pun cepat bercucuran.  Benarkah latihan hot yoga bikin tubuh cepat langsing?

Hot yoga adalah latihan yoga di ruangan yang suhunya dipanaskan hingga 40 derajat Celcius. Gerakan-gerakan yang dilakukan bersifat mengalir. Gerakan-gerakan dinamis yang mengalir itu di ruangan bersuhu panas itu tentu saja membuat tubuh cepat berkeringat.

Kelas yoga di ruangan panas ini cukup disukai karena bikin tubuh berkeringat. Dengan berkeringat hebat itu, apakah ini berarti tubuh kita membakar kalori lebih banyak dari latihan yoga yang lain?

“Masyarakat sering berpikir banyak sedikitnya keringat menunjukkan kualitas latihan. Kenyataannya tidak seperti itu. Keringat tidak ada hubungannya dengan pembakaran kalori yang lebih banyak,” kata Dr. Cedric Bryant, ilmuwan dari American Council on Exercise (ACE).

Dalam sebuah studi kecil yang disponsori oleh ACE di University of Wisconsin-La Crosse, peneliti mengamati dua lusin orang dewasa selama mengikuti kelas yoga reguler dan hot yoga. Dari studi itu tidak ditemukan perbedaan peningkatan suhu di perut atau pun detak jantung di antara dua sesi selama 60 menit.

“Peningkatan suhu di perut menunjukkan seseorang menyimpan panas, dan bergantung berapa tinggi suhunya, akan menjadi risiko untuk terkena cedera karena panas. Kami tidak menemukan itu,” kata Dr. Bryant.

Menurutnya, masyarakat menyukai hot yoga karena latihan itu membuat tubuh jadi lebih fleksibel. “Sejauh ini manfaatnya terlihat untuk tubuh fisik. Bentuknya berupa kekuatan otot, ketahanan, fleksibilitas dan keseimbangan. Namun Anda juga bisa mendapatkan itu dari kelas yoga reguler,” imbuhnya.

Untuk keperluan studi itu, studio yoga dipanaskan hingga 33 derajat Celcius. “Untuk kelas yoga Bikram di mana suhu dinaikkan jadi 40 derajat ke atas, diperlukan studi lebih lanjut,” katanya.

Berikut ini tip agar aman berlatih yoga di ruangan panas:
1. Karena tubuh berkeringat hebat, ada baiknya Anda membawa matras sendiri saat latihan. Kalau terlalu berat untuk membawa matras, ada handuk pelapis matras yang lebih ringan dibawa ke mana-mana. Handuk ini bagus menyerap keringat dan bikin matras tidak licin.

2. Ada baiknya memakai celana ketat dan tank top pas di tubuh. Gerakan-gerakan yoga yang jungkir balik pasti akan membuat t-shirt longgar jadi tersibak. Bahan pakaian untuk hot yoga sebaiknya yang sifatnya dry fit untuk mengantisipasi banyaknya keringat.

3. Pastikan untuk cukup minum sebelum masuk kelas dan sesudah latihan agar terhindar dari dehidrasi. Tidak disarankan makan dekat dengan waktu latihan.

4. Jika mengalami pening, sakit kepala, ingin muntah, segera keluar dari tempat latihan. Gejala-gejala itu menunjukkan tubuh kita tak tahan dengan suhu panas di dalam ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com