Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2015, 08:10 WIB

KOMPAS.com - Lemak trans alias lemak jenuh memiliki predikat buruk sebagai salah satu pemicu penyakit jantung koroner. Dokter bahkan menyebut lemak ini sebagai lemak terburuk yang bisa kita makan. Lemak ini bisa kita temukan dalam makanan siap saji, margarin, pizza, dan berbagai camilan.

Lemak trans dalam jumlah sedikit secara alami terdapat dalam daging dan produk olahan susu. Namun, sebagian besar lemak trans terbentuk melalui proses penambahan hidrogen ke dalam minyak sayur yang menyebabkan minyak menjadi padat pada suhu kamar.

Minyak yang terhidrogenasi ini akan cenderung tidak mudah rusak, sehingga makanan yang dibuat dengan langkah seperti itu akan memiliki umur simpan yang panjang.

Beberapa restoran menggunakan minyak sayur yang telah terhidrogenasi dalam proses penggorengan yang membutuhkan minyak yang banyak (deep frying), sehingga tidak perlu dilakukan penggantian minyak terlalu sering. Lemak trans juga membuat makanan menjadi lebih gurih.

Jenis makanan yang diproduksi dari lemak trans, yang dikenal sebagai minyak terhidrogenasi parsial, ditemukan dalam berbagai produk makanan, termasuk yang dipanggang dan diolah menggunakan mentega, makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak, camilan, pizza beku, dan juga krimer serta margarin.

Di Amerika Serikat jika makanan memiliki kurang dari 0,5 gram lemak trans dalam setiap porsinya, maka dalam label makanan boleh ditulis 0 gram lemak trans. Karena itu Anda harus berhati-hati dengan lemak tersembunyi ini, terutama jika mengonsumsi lebih dari satu porsi.

Beberapa negara sudah mulai membatasi penggunaan lemlak trans karena bahayanya bagi kesehatan. Industri makanan kini mulai mencari pengganti lemak trans, tapi sebagian besar masih tetap menggunakan lemak jenuh.

Selain meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik, lemak trans diketahui berdampak buruk bagi otak. Terlalu banyak konsumsi lemak ini bisa membuat otak kurang mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Mengingat banyaknya bahaya yang ditimbulkan lemak trans, sebaiknya kita mulai membatasi bahan makanan yang merupakan sumber lemak  ini. Kita juga bisa membatasi penggunaan minyak untuk menggoreng yang dipanaskan berulang-ulang. (Monica Erisanti)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com