Kompas.com - 13/01/2015, 12:20 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jangan menghabiskan waktu Anda setiap hari hanya dengan duduk. Telah banyak penelitian yang memaparkan bahayanya terlalu banyak duduk bagi kesehatan. Anda mungkin akan terkejut mengetahui apa saja pengaruh banyak duduk bagi tubuh.

1. Tekanan psikologis
Sebuah studi Australia menemukan bahwa pria yang duduk lebih dari 6 jam perhari saat bekerja memiliki kemungkinan 90 persen mengalami distres psikologis, misalnya saja merasa kelelahan, cemas, merasa tak berdaya, dan kurang istirahat. Hubungan antara banyak duduk dan stres tersebut nyata terlihat meski para peneliti memasukkan faktor aktivitas fisik.

Hubungan antara gaya hidup sedentari dan efek kesehatan mental ini belum diketahui, tapi seringkali orang yang secara psikologis tidak sehat cenderung hidup kurang aktif dan gaya hidup sedentari berpengaruh secara langsung pada apa yang kita pikirkan.

2. Meningkatkan risiko kanker
Beberapa penelitian menemukan, orang yang duduk untuk periode cukup lama setiap harinya beresiko 24 persen menderita kanker kolon. Risikonya bahkan lebih besar lagi pada orang yang terbiasa makan siang di meja kerjanya.

Saat kita duduk maka kita tak akan melakukan aktivitas fisik ringan, seperti berdiri atau berjalan, yang sebenarnya bisa meningkatkan pembakaran kalori. Jika Anda kurang bergerak, ditambah lagi tak menjaga pola makan, lama kelamaan Anda bisa kegemukan dan meningkatkan risiko pertumbuhan kanker.

3. Meningkatkan kadar gula darah
Berhati-hatilah jika setiap hari Anda duduk lebih dari 5 jam. Studi menyebutkan, orang yang duduk hampir 9 jam setiap hari mengalami peningkatan kadar insulin dan glukosa.

4. Membuat sel darah lebih lengket
Dalam studi yang dilakukan di Denmark diketahui, orang-orang yang pekerjaannya duduk statis, misalnya sopir bis atau operator alat konstruksi berat, memiliki risiko lebih besar menderita penyumbatan pembuluh darah yang berbahaya. Duduk dalam posisi statis akan mengurangi sirkulasi darah sehingga darah lebih mudah tersumbat.

5. Nyeri punggung
Anda pasti sering mengeluhkan badan pegal dan punggung sakit setiap malam sepulang bekerja. Postur tubuh yang keliru saat duduk dan mengetik yang berlangsung terus menerus tentu akan memberikan tekanan pada sendi tertentu. Tak heran jika Anda merasakan nyeri punggung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.