Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2015, 09:32 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Tidur pada siang hari tenyata penting untuk meningkatkan memori otak bayi. Berdasarkan penelitian para ilmuwan dari Universitas Sheffield dan Ruhr di Bochum, Jerman, bayi yang tidur siang minimal 30 menit bisa lebih mudah mengingat hal-hal yang baru saja mereka dengar dan lihat.

Para Ilmuwan meneliti 216 bayi sehat berumur 6-12 bulan untuk mengetahui hubungan antara tidur dan perkembangan bayi.  Peneliti kemudian menguji kemampuan bayi untuk mengingat keterampilan yang baru dipelajari. Peneliti membagi dua kelompok yaitu, bayi yang tidur siang minimal 30 menit dan yang tidak tidur siang.

Dalam waktu 24 setelahnya, bayi yang tidur siang ternyata memiliki memori otak yang lebih baik dibanding yang tidak tidur siang.

Tidur siang minimal 30 menit per hari menjadi bagian penting dari seorang bayi. Peneliti Dr Jane Herbert, dari University of Sheffield departemen psikologi mengatakan, penelitian ini menunjukkan bahwa waktu terbaik bayi untuk mempelajari sesuatu adalah sebelum tidur. Misalnya, bacakan buku-buku untuk bayi sebelum tidur.

"Temuan ini sangat menarik untuk kedua orangtua dan pendidik bahwa waktu yang optimal untuk bayi mempelajari informasi baru adalah sebelum mereka  tidur,” kata Herbert seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Manfaat tidur pun tak hanya dirasakan oleh bayi. Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa tidur yang cukup bermanfaat untuk meningkatkan memori orang dewasa.  Studi ini telah dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences dari Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com