Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2015, 16:48 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR


KOMPAS.com -
Tidak semua orang bisa menikmati olahraga lari. Ikuti tip berikut ini agar nyaman saat lari dan Anda jadi ketagihan lari setiap pagi.

Bikin Jadwal teratur

Agar tubuh terbiasa dengan kegiatan lari, Anda harus berlari secara teratur. Sangat disarankan untuk membuat jadwal dan mengikutinya dengan patuh. Paling tidak, jadwalkan dua hingga tiga kali lari seminggu.

Lari akan menguatkan otot-otot tubuh bagian bawah dan perut yang dibutuhkan untuk berlari dengan ringan dan nyaman.Mulailah dengan lari berjarak pendek. Ketika sudah terasa ringan, tambah jarak secara bertahap.

Tak Perlu Cepat
Pelari berpengalaman dari Kenya memang mengagumkan. Mereka sanggup berlari tiga atau empat menit untuk satu kilometer. Anda tak perlu bisa sehebat mereka. Berlarilah sesuai kemampuan tanpa ngos-ngosan dan membuat kehabisan napas.

Lari pelan-pelan membuat kita dapat memfokuskan diri mengoreksi cara lari, mencegah cedera yang umum dialami pelari dan membuat kita menikmati pemandangan di sekitar.Ketika tubuh semakin kuat, kecepatan lari akan bertambah dengan sendirinya.

Dirancang Menyenangkan
Carilah cara membuat lari terasa menyenangkan. Misalnya dengan berlari bersama teman atau si gukguk kesayangan. Bisa juga dengan mendengarkan playlist kesayangan. Jangan lupa mencari lokasi yang bikin acara lari jadi lebih menyenangkan.

Latihan Hills dan Squat
Memiliki otot kaki kuat membuat lari terasa ringan. Untuk itu, kita perlu melatih kekuatan kaki dengan lari menanjak bukit. Tentu ini terasa menantang. Begitu sampai di puncak bukit dan berlari di tempat datar, Anda akan menyadari betapa mudahnya tantangan itu dikalahkan.
Memperkuat otot kaki juga dapat dilakukan dengan latihan squat, lunges, atau bahkan juga dengan latihan yoga.

Diselingi Latihan Lain
Bila hanya latihan lari saja, Anda bakal bosan dengan mudah. Selain itu satu latihan saja mendatangkan stres berulang ke bagian tubuh yang itu-itu saja dan akhirnya cedera tak terhindarkan.

Untuk mencegah hal itu, kombinasikan latihan dengan bersepeda, berenang, menari. Melakukan latihan lain juga bermanfaat memperkuat tubuh dengan cara yang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com