Kompas.com - 20/01/2015, 16:30 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com– Sejumlah penelitian menyatakan bahwa urine atau air seni sendiri baik untuk kesehatan jika diminum maupun disiramkan atau dioleskan pada kulit. Akan tetapi belum banyak orang yang mau melakukan terapi urine.

Salah satu penulis penelitian Martha Christy menyatakan terapi urine sangat efektif mengatasi kulit wajah yang bermasalah seperti jerawat. Ia menjelaskan bahwa terapi urine atau urotherapy pernah dilakukan dahulu kala di Mesir, China dan India.

Menurut Martha sifat anti bakteri dan anti jamur pada urine dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. Martha mengatakan bahwa enzim, vitamin dan cairan kaya mineral pada urine dapat dioleskan ke kulit untuk mengatasi jerawat, eksim, psoriasis dan infeksi.

Martha yang juga konsultan kesehatan alami itu menegaskan pula bahwa minum air seni sendiri memang dapat meningkatkan kesehatan seseorang.

Bahkan, penyanyi Madonna mengaku pernah menyiram kakinya dengan urinnya sendiri. Namun, menurut Martha terapi urine selama ini tidak dipromosikan dalam dunia kesehatan karena gratis.

Seseorang yang menulis di Telegraph, Rebecca Reid menyebutkan bahwa saat ini urine sebagai ‘krim’ wajah tengah menjadi tren terbaru dalam dunia kesehatan di Inggris.

"Awalnya kami mencampurkan urine dengan pelembab apa pun yang kami bawa. Hasilnya sangat mengagumkan. Kulit saya begitu lembut, " tulisnya.

Shona Wilkinson, Ahli Gizi di Nutri Centre mengatakan, urine berasal dari berbagai macam makanan, minuman, obat-obatan, kontaminasi lingkungan, dan limbah metabolit dari tubuh. Dengan demikian, kandungan urine pada masing-masing orang pun berbeda-beda. Menurut dia, air seni terdiri dari 95 persen air dan hanya 5 persen nutrisi.

Shona mengatakan, sejauh ini tidak ada penelitian lebih lanjut yang menunjukkan bahwa kandungan urine tak cuma terdiri dari 5 persen nutrisi. Menurut dia, minum segelas air putih ditambah makanan yang sehat dan multi vitaman akan jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan ketimbang segelas urine.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.