Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Harus Dipersiapkan Pasutri untuk Program Bayi Tabung

Kompas.com - 22/01/2015, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Mengikuti program bayi tabung merupakan salah satu cara yang ditempuh pasangan suami istri yang kesulitan mendapatkan kehamilan secara alami. Apa saja yang harus dipersiapkan pasutri untuk mengikuti program ini?

Dokter spesialis kandungan Ivan R.Sini mengatakan, hal yang harus dipersiapkan bukan cuma fisik tapi juga mental. Kesiapan fisik berkaitan dengan kondisi kesehatan suami dan istri secara umum. Untuk mendapatkan bayi yang sehat, tentu calon orangtua juga harus dalam kondisi yang sehat.

Kesehatan bisa ditingkatkan dengan berbagai cara, misalnya mengonsumsi makanan sehat bernilai gizi tinggi, cukup minum air, cukup istirahat, mengurangi berat badan bagi yang kegemukan, serta menghindari alkohol dan rokok.

"Untuk meyakinkan pasutri benar-benar siap dan layak secara fisik, perlu berkonsultasi dengan ahli fertilitas selain juga tentunya melakukan chek up," kata dokter dari klinik Morula IVF Indonesia Rumah Sakit Bunda Jakarta ini.

Pemeriksaan kesehatan diperlukan untuk mengetahui ada tidaknya penyakit tertentu yang diderita suami atau istri. "Perlu diketahui apakah ada penyakit yang jadi penghalang keberhasilan kehamilan atau penyakit yang bisa menular ke bayi seperti hepatitis," katanya.

Jika diketahui ada penyakit yang diidap, pasangan disarankan untuk menuntaskan terlebih dulu penyakitnya. Ketidaksuburan juga bisa disebabkan karena kondisi medis tertentu, misalnya endometriosis, infeksi toksoplasma, dan sebagainya.

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan kesuburan pada calon ibu dan ayah, mulai dari pemeriksaan hormonal, pemeriksaan darah, dan juga kondisi organ reproduksi.  Pemeriksaan tersebut diperlukan untuk mengetahui tingkat kesuburan pasutri.

Yang tak kalah penting adalah kesiapan mental dan juga biaya, mengingat program bayi tabung membutuhkan biaya yang tidak sedikit.  (Monica Erisanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com