Kompas.com - 23/01/2015, 08:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Memiliki keturunan adalah salah satu kebutuhan manusia. Sayangnya, keinginan alamiah ini semakin sulit diwujudkan saat ini.  Di era modern, diperkirakan 1 dari 10 pasangan berusia produktif mengalami kesulitan untuk hamil secara alami.

Rasio tersebut lebih tinggi lagi pada mereka yang tinggal di kota besar atau pada suami istri yang keduanya bekerja.

Secara umum, ketidaksuburan bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti faktor emosi, kurangnya frekuensi hubungan seksual, serta gangguan hormonal karena gaya hidup.

Wanita yang berusia di atas 35 tahun juga harus mewaspadai risiko gangguan kesuburan. Seperti diketahui, kemampuan wanita untuk memproduksi sel telur yang sehat akan berkurang drastis setelah ia mencapai usia 30 tahun.

Pada permulaan usia menstruasi, seorang wanita memiliki 300.000 - 500.000 sel telur dan setelah ia mencapai usia menopause seluruh sel telur itu habis. Sementara itu pria akan memproduksi sel sperma baru setiap bulannya.

Penuh stres

Sekarang memang bukan eranya lagi wanita menjadi underdog yang takut berkompetisi untuk mengejar puncak karier. Tetapi bijaksanalah mengatur kesibukan dan memiliki kehidupan yang seimbang. Seperti diketahui kesuksesan kehamilan mensyaratkan pasangan harus dalam kondisi rileks dan melakukan hubungan seksual secara teratur.

Memiliki gaya hidup penuh stres juga membuat seseorang lebih mudah memiliki kebiasaan tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, kafein, mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, dan kurang bergerak. Kondisi ini tentu berpengaruh pada kondisi sperma dan sel telur sehingga menurunkan peluang kehamilan.

Kondisi sel telur dan sel sperma yang abnormal juga pada akhirnya bisa menyebabkan keguguran atau bayi lahir dengan kelainan genetik.

Mempersiapkan kehamilan sangatlah penting. Ibarat melakukan liburan ke tempat yang jauh, kita butuh persiapan. Dalam hal ini adalah persiapan tubuh yang sehat.

Jangan lupa untuk menghargai jam biologis. Bila Anda adalah calon ibu berusia 30 tahun, menikah selama setahun dan rutin melakukan hubungan seksual tapi belum juga hamil, jangan tunda untuk mencari tahu penyebab kesulitan hamil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.