Kompas.com - 26/01/2015, 15:44 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Tidak sedikit perempuan yang sedang berdiet memilih minuman soda diet. Sudah ada sejumlah studi yang mengungkapkan ternyata minuman ini malah merugikan kesehatan dan kecantikan.

1. Merusak kulit
Sejumlah penelitian pernah membuktikan kebiasaan jangka panjang meneguk minuman bersoda ada hubungannya dengan kulit cepat menua. Dalam jangka pendek minuman bersoda jenis diet menurunkan kadar keasaman kuit sehingga menyebabkan kulit kusam, lelah dan berjerawat.

2. Mengubah suasana hati
Aspartam dalam soda diet ada hubungannya dengan terjadinya sakit kepala dan perubahan suasana hati. Hal ini tidak disarankan untuk mereka yang cenderung lebih mudah terserang kecemasan dan depresi.

3. Menaikkan berat badan
Penelitian dari University of Texas Health Science Center menemukan semakin banyak soda diet yang diminum justru meningkatkan risiko kelebihan berat badan. Minum dua atau lebih kaleng minuman soda diet sehari meningkatkan ukuran pinggang sampai 500 persen.

4. Meningkatkan risiko sakit jantung
Sebuah studi dari University of Miami menemukan mereka yang minum soda diset setiap hari 44 persen lebih berisiko kena serangan jantung dibandingkan yang tidak.

5. Menaikkan risiko terkena diabetes
Mereka yang punya kebiasaan meneguk minuman bersoda (meski hanya satu atau dua kaleng per hari) lebih berisiko 25 persen terkena diabetes dibandingkan mereka yang hanya minum tak lebih dari satu kaleng per bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber POP SUGAR

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.