Kompas.com - 27/01/2015, 12:05 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


JAKARTA, KOMPAS.com
– Kementerian Pertanian (Kementan) mengimbau masyarakat untuk meningkatkan konsumsi buah lokal. Buah lokal dipercaya lebih sehat dan segar dibanding buah impor. Terlebih belakangan ini ramai diberitakan adanya buah apel impor asal Amerika Serikat yang tercemar bakteri Listeria.

“Mari kita tingkatkan konsumsi buah lokal yang lebih sehat, beragam, lebih segar,” ujar Kepala Badan Karantina Kementan Banun Harpini di Gedung Kementan, Jakarta, Senin (26/1/2015).

Banun menjelaskan, buah lokal umumnya tidak diberi bahan pengawet. Buah lokal dipanen dari kebun dan dapat langsung dijual ke konsumen. Berbeda dengan buah impor yang membutuhkan waktu cukup lama untuk tiba di Indonesia.

Banun mencohtohkan pengiriman buah-buahan dari Amerika yang memakan waktu satu bulan lebih. Terakhir, pengiriman buah apel dari Amerika  yaitu pada Desember tahun 2014 dan diperkirakan baru tiba di Indonesia pada akhir Januari atau awal Februari 2015.

“Perjalanan ke Indonesia saja butuh waktu sekitar 40 hari,” kata Banun.

Bagaimana caranya agar buah tidak busuk dalam waktu lebih dari satu bulan hingga sampai ke tangan pembeli? Tentunya buah-buahan tersebut telah diberi pengawet. Meski demikian, Banun memastikan buah impor yang masuk ke Indonesia aman dikosumsi. Sebelum beredar di pasaran, buah impor masuk karantina terlebih dahulu.

Masyarakat tetap diminta lebih berhati-hati dalam konsumsi buah impor. Menurut Banun, masyarakat pun jangan mudah tergiur dengan warna buah yang mencolok dan mengkilat.

“Walaupun buahnya bersih dan mengkilat tetap harus di cuci. Cucilah dengan air mengalir yang bersih,” imbuhnya.

Konsumsilah pangan lokal yang juga dapat berdampak baik bagi para petani di tanah air.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.