Cara Instan Yoga Atasi Sinusitis

Kompas.com - 30/01/2015, 07:19 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Selama ini pengobatan alami dinilai efektif mengatasi penyakit namun butuh waktu untuk merasakan efeknya. Namun yoga ternyata punya teknik instan untuk mengatasi sinusitis.

"Jalaneti dan kapalabati adalah dua hal dalam yoga yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinusitis," kata guru yoga di Celebrity Fitness dan dokter naturopati Purushothaman Munirathinam saat peluncuran bukunya yang berjudul Detoks Yoga, Cara Instan Menurunkan Berat Badan di Jakarta hari ini.

Teknik jalaneti membutuhkan netipot, sejenis teko berisi air hangat dicampur garam. Guru yoga yang akrab disapa Puru ini memasukkan mulut teko itu ke lubang hidung kirinya dan air pun mengalir keluar dari lubang hidung kanannya. "Dengan teknik yang benar, cara ini efektif membersihkan hidung kita," ucap pria berdarah India ini.

Cara kedua adalah dengan teknik napas kapalabati. "Caranya, tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan. Ambil napas dan pompa perut untuk buang napas dengan kuat sebanyak 40 kali. Ulangi lagi untuk lubang hidung kiri pula," katanya.

Membuang napas, menurut Puru, mengeluarkan karbondioksida yang sifatnya panas. "Panas ini bagus untuk menurunkan kelembaban di hidung. Teknik ini sangat bagus untuk mereka yang sering mengalami kambuh sinusitis di musim hujan dan di saat AC kantor terlalu dingin," ucapnya.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X