Kompas.com - 02/02/2015, 10:33 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Apakah salah satu resolusi Tahun Baru Anda adalah lebih sering traveling dan juga makan lebih sehat? Kedua hal tersebut sebenarnya saling berhubungan. Hampir setiap budaya memiliki makanan yang tidak cuma lezat tapi punya manfaat meningkatkan kesehatan dan pemulihan. Sambil memuaskan hobi Anda berwisata kuliner, tak ada salahnya untuk lebih memilih bahan makanan sehat berikut:

1. Kaldu tulang
Ini termasuk dalam menu rumahan di banyak negara. Selain mengandung banyak mineral, kuah kaldu tulang juga mengandung banyak kolagen. Kesadaran banyak orang untuk mulai memasukkan makanan sehat dalam diet mereka membuat banyak restoran juga mulai menghidangkan menu ini. Di restoran-restoran terkenal di New York atau Melbourne bahkan memiliki menu kaldu tulang.

2. Jahe
Rasanya yang sedikit pedas dan hangat membuat jahe termasuk dalam bumbu wajib kuliner di banyak negara. Jahe juga memiliki manfaat antiperadangan untuk meningkatkan metabolisme dan memulihkan pencernaan.

3. Jus buah segar
Walau manfaat dari jus buah dan sayuran segar sudah diketahui di seluruh dunia, tapi pemanfaatan jus sebagai sarana detoks paling banyak adalah oleh orang Amerika. Walau manfaatnya sendiri masih diperdebatkan para ahli gizi, namun saat ini ada banyak variasi dan kombinasi antara buah dan sayuran.

4. Sayuran hijau
Sayuran hijau memiliki manfaat sebagai detoks liver, mengurangi rasa ingin ngemil, dan membersihkan darah.

5. Tiram
Rendah lemak dan tinggi protein, tiram sejak lama memiliki reputasi sebagai peningkat libido. Penelitian menunjukkan tiram memang memiliki kadar zinc yang tinggi sebagai pendongkra testosteron. Perancis merupakan salah satu negara yang paling banyak mengonsumsi tiram.

6. Kari
India dan kuliner mengandung kari sudah terkenal seantero dunia. Kari yang terbuat dari kunyit ini memiliki kandungan antiperadangan yang bisa menenangkan sistem pernapasan. Beberapa kajian juga menyebutkan kunyit bisa mencegah kanker.

7. Madu
Juara dalam hal antioksidan dan kandungan antibakteri, madu termasuk gula alami yang juga bisa mempercepat oksidasi alkohol oleh organ liver. Penggunaan madu dalam makanan dan minuman juga mudah ditemukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Shine
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.