Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2015, 10:44 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com - Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan menjadi kering dan kehilangan kekencangannya sehingga timbul keriput. Kondisi kulit yang menua itu muncul sebagai akibat dari berkurangnya kadar kolagen pada kulit.

Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino yang salah satu manfaatnya adalah mempertahankan kesehatan dan keremajaan kulit. Hal ini karena fungsi utamanya adalah memperkuat jaringan penyusun kulit sehingga jaringan kulit menjadi lebih kuat dan elastis.

Tubuh manusia terdiri dari 25 jenis kolagen yang mengisi 25-30 persen dari total protein tubuh. Kolagen ini diibaratkan sebagai lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan. Tanpa kolagen tubuh akan terpisah secara harfiahnya.

Kolagen memberi kekuatan untuk struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dengan mencegah penyebaran zat patogen, zat beracun, mikroorganisme, dan sel-sel kanker. Kolagen juga memiliki manfaat dalam melindungi sendi.

Penurunan kolagen seiring usia akan berdampak langsung pada kondisi kulit, misalnya kulit berkeriput, otot mengecil, kulit kusam, hingga kuku rapuh.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kadar kolagen, antara lain dengan mengonsumsi makanan sumber kolagen. Beberapa jenis buah-buahan seperti stroberi, tomat, bluberry, dan sayur-sayuran juga mengandung protein penyusun enzim kolagen.

Ikan laut seperti tuna, salmon, sarden, juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein ini merupakan salah satu protein utama pembentuk kolagen yang berasal dari olahan hewani.

Seiring dengan perkembangan teknologi kecantikan, saat ini juga banyak tersedia produk suplemen yang diklaim mampu meningkatkan produksi kolagen alami kulit. Salah satunya adalah produk minuman kecantikan K-Liquid dengan rasa leci.

Menurut Dato Dr.Radzi Saleh, Presiden Direktur K-Link Indonesia, minuman ini memiliki formula khusus untuk melembabkan kulit, meregenerasi, menutrisi, menyuburkan, serta antikerutan.

Bahan utama dari K-Liquid minuman rasa leci dengan kolagen ini adalah marine peptida kolagen, ekstrak stroberi, dan ekstrak apel. Minuman dengan perasa alami leci ini disarankan dikonsumsi satu botol sehari, terutama untuk mereka yang berusia di atas 35 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com