Kompas.com - 04/02/2015, 10:44 WIB
Imelda Fransiska, brand ambasador K-Liquid Kolagen. Dok K-LinkImelda Fransiska, brand ambasador K-Liquid Kolagen.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan menjadi kering dan kehilangan kekencangannya sehingga timbul keriput. Kondisi kulit yang menua itu muncul sebagai akibat dari berkurangnya kadar kolagen pada kulit.

Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino yang salah satu manfaatnya adalah mempertahankan kesehatan dan keremajaan kulit. Hal ini karena fungsi utamanya adalah memperkuat jaringan penyusun kulit sehingga jaringan kulit menjadi lebih kuat dan elastis.

Tubuh manusia terdiri dari 25 jenis kolagen yang mengisi 25-30 persen dari total protein tubuh. Kolagen ini diibaratkan sebagai lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan. Tanpa kolagen tubuh akan terpisah secara harfiahnya.

Kolagen memberi kekuatan untuk struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dengan mencegah penyebaran zat patogen, zat beracun, mikroorganisme, dan sel-sel kanker. Kolagen juga memiliki manfaat dalam melindungi sendi.

Penurunan kolagen seiring usia akan berdampak langsung pada kondisi kulit, misalnya kulit berkeriput, otot mengecil, kulit kusam, hingga kuku rapuh.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kadar kolagen, antara lain dengan mengonsumsi makanan sumber kolagen. Beberapa jenis buah-buahan seperti stroberi, tomat, bluberry, dan sayur-sayuran juga mengandung protein penyusun enzim kolagen.

Ikan laut seperti tuna, salmon, sarden, juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein ini merupakan salah satu protein utama pembentuk kolagen yang berasal dari olahan hewani.

Seiring dengan perkembangan teknologi kecantikan, saat ini juga banyak tersedia produk suplemen yang diklaim mampu meningkatkan produksi kolagen alami kulit. Salah satunya adalah produk minuman kecantikan K-Liquid dengan rasa leci.

Menurut Dato Dr.Radzi Saleh, Presiden Direktur K-Link Indonesia, minuman ini memiliki formula khusus untuk melembabkan kulit, meregenerasi, menutrisi, menyuburkan, serta antikerutan.

Bahan utama dari K-Liquid minuman rasa leci dengan kolagen ini adalah marine peptida kolagen, ekstrak stroberi, dan ekstrak apel. Minuman dengan perasa alami leci ini disarankan dikonsumsi satu botol sehari, terutama untuk mereka yang berusia di atas 35 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Leukoderma
Leukoderma
PENYAKIT
Melanoma
Melanoma
PENYAKIT
Ruam Kulit
Ruam Kulit
PENYAKIT
Urtikaria
Urtikaria
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.