Kompas.com - 08/02/2015, 11:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Belakangan ini semakin banyak orang yang percaya diri tampil dengan ketiak putih dan mulus tanpa bulu. Ketiak mulus ini bisa didapat lewat beberapa cara.

Cara paling mudah mendapatkan ketiak mulus adalah dengan mencukur. Tapi pencukuran ketiak itu kerap meninggalkan bekas-bekas luka yang tak terlihat. Bila langsung memakai deodoran, bekas-bekas luka itu akan membuat ketiak malah jadi terlihat kehitaman karena iritasi.

Rambut di ketiak ini tumbuh dengan cepat. Lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan bulu kaki dan tangan. Pencukuran sifatnya sementara menghilangkan bulu ketiak dan hanya memotong rambut di permukaan kulit sehingga kita harus mencukur secara teratur agar permukaan ketiak tetap halus. Bila tidak, rambut di ketiak bisa tumbuh subur.

Dibandingkan dengan pencukuran sendiri, hasil penghilangan bulu dengan metode waxing terhitung cukup memuaskan. Risiko ketiak kehitaman karena dicukur bisa dikurangi dengan metode waxing.

Boleh dikatakan metode ini bersifat agak permanen. Rambut atau bulu tak diinginkan dicabut ke akarnya sehingga dibutuhkan waktu agak lama yaitu 3 sampai 6 minggu untuk tumbuh kembali. Lilin hangat yang diaplikasikan ke kulit itu memasuki folikel rambut. Akibatnya, rambut bisa tercabut sampai akarnya.

Kelemahan metode waxing adalah memaksa rambut untuk tercabut. Akibatnya, folikel rambut jadi mengerut. "Hal ini menimbulkan terjadinya ingrown hair  atau rambut yang tumbuh di dalam. Dari luar kulit tak tampak benar-benar mulus, terdapat bintik-bintik hitam yang menandakan rambut tumbuh di dalam," kata Diana Kusuma dari salon penghilang bulu Musee Platinum Tokyo yang baru buka di Jakarta.

Salon penghilang bulu yang sangat populer di Jepang ini menggunakan teknologi fash hair removal. "Di sini pelanggan mendapatkan analisa kulit terlebih dulu. Proses penghilangan bulu juga tidak menyakitkan. Sebelum dan sesudah perawatan kulit diberi gel pendingin," ujarnya. Memakai metode ini, ketiak mulus dapat terjaga selama dua hingga tiga bulan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.