Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2015, 10:30 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com — Penyuka makanan pedas pasti akrab dengan cabai. Rasanya makan tak nikmat jika belum merasakan sensasi rasa pedas. Manfaat cabai ternyata bukan hanya menambah nafsu makan.

Menurut penelitian Universitas Wyoming, makan cabai bisa membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, cabai mengandung senyawa capsaicin yang membuatnya terasa pedas. Capsaicin ini dipercaya dapat mempercepat metabolisme dalam tubuh.

Capsaicin akan membuat tubuh terasa panas sehingga  membakar lemak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capsaicin akan membantu mengubah lemak putih menjadi lemak coklat. 

Untuk diketahui, lemak coklat merupakan lemak baik dalam tubuh. Lemak coklat biasanya terdapat pada bagian leher, bahu, ataupun punggung. Lemak coklat dapat meningkatkan pengeluaran energi dan membakar kalori dalam tubuh.

Menurut peneliti, capsaicin dalam cabai ini pun dapat mencegah seseorang obesitas, bahkan dapat mencegah komplikasi kesehatan karena obesitas, seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Penelitian ini pun diharapkan dapat menjadi solusi menu diet dan mencegah obesitas secara alami. Selain cabai, capsaicin juga terdapat pada paprika.

Namun, penelitian ini masih berlanjut karena belum diuji klinis terhadap manusia. Penelitian ini telah dipresentasikan dalam pertemuan Biofisik Society ke-59 di Baltimore, Amerika Serikat.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com