Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2015, 14:43 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


TANYA:
 
Dok, Saya mau bertanya, saya baru-baru ini dikenalkan dengan wanita. Menurut info yang saya telusuri, saudara dari ibunya ada yang mengalami gangguan kejiwaan. Apakah itu bisa menjadi penyakit yang diturunkan kelak ketika kami berkomitmen untuk berumah tangga dengan wanita ini?
 
Mr.S (30), Medan

JAWAB:

Mr.S yang baik di Medan,

Sampai saat ini penelitian tidak bisa menentukan adanya satu faktor utama dalam terjadinya suatu gangguan kejiwaan termasuk faktor genetik keturunan. Para peneliti dan ahli di bidang kesehatan jiwa meyakini bahwa terjadinya gangguan kejiwaan bersifat multi faktorial. Artinya tidak ada satu faktor dominan yang bisa menentukan atau menjadi penyebab utama seseorang menderita gangguan jiwa.

Orangtua yang mengalami gangguan jiwa sekalipun tidak langsung serta merta anaknya akan menderita gangguan jiwa. Banyak kasus pasien yang ditangani psikiater yang keturunannya tidak ada yang mengalami gangguan jiwa tetapi salah satu anggota keluarganya ada yang mengalami gangguan kejiwaan.

Semoga keterangan ini bisa membantu. salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com