Kompas.com - 25/02/2015, 14:43 WIB

TANYA:
 
Dok, Saya mau bertanya, saya baru-baru ini dikenalkan dengan wanita. Menurut info yang saya telusuri, saudara dari ibunya ada yang mengalami gangguan kejiwaan. Apakah itu bisa menjadi penyakit yang diturunkan kelak ketika kami berkomitmen untuk berumah tangga dengan wanita ini?
 
Mr.S (30), Medan

JAWAB:

Mr.S yang baik di Medan,

Sampai saat ini penelitian tidak bisa menentukan adanya satu faktor utama dalam terjadinya suatu gangguan kejiwaan termasuk faktor genetik keturunan. Para peneliti dan ahli di bidang kesehatan jiwa meyakini bahwa terjadinya gangguan kejiwaan bersifat multi faktorial. Artinya tidak ada satu faktor dominan yang bisa menentukan atau menjadi penyebab utama seseorang menderita gangguan jiwa.

Orangtua yang mengalami gangguan jiwa sekalipun tidak langsung serta merta anaknya akan menderita gangguan jiwa. Banyak kasus pasien yang ditangani psikiater yang keturunannya tidak ada yang mengalami gangguan jiwa tetapi salah satu anggota keluarganya ada yang mengalami gangguan kejiwaan.

Semoga keterangan ini bisa membantu. salam Sehat Jiwa

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X