Kompas.com - 26/02/2015, 10:30 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anjuran untuk menyikat gigi dua kali sehari mungkin sudah dilakukan banyak orang. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi. Padahal kebiasaan ini dapat mempengaruhi kondisi kesehatan gigi dalam jangka panjang.

Menurut drg. Ratu Mirah Afifah, waktu yang tepat saat menggosok gigi sebaiknya dilakukan minimal 2 kali sehari yaitu pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

“Kebanyakan orang masih belum mengetahui hal ini, mereka masih suka menggosok gigi pada pagi dan malam saat mandi, padahal hal tersebut akan meningkatkan risiko penumpukan plak yang terbentuk dari endapan sisa makanan. Plak tersebut merupakan penyebab utama terbentuknya gigi berlubang dan penyakit gusi,” kata Ratu dalam acara “Pepsodent Ungkap Fakta” di Hotel Mulia, Jakarta (25/02/2015)

Kerusakan gigi, yang ditandai dengan adanya lubang pada gigi paling sering terjadi di masa kanak-kanak dan dewasa muda. “Sakit gigi pada anak-anak dapat menyebabkan mereka absen sekolah, dan jika terus berlangsung dalam waktu yang lama tanpa adanya penanganan yang tepat, maka kondisi ini akan sangat berpengaruh pada tingkat prestasi mereka,” lanjutnya.

Bakteri di dalam mulut selalu membentuk plak gigi, semacam lapisan tipis yang lengket, tidak berwarna dan menempel pada gigi. Bakteri mulut yang berada dalam plak itu akan mengubah gula dan tepung dari makanan atau minuman yang kita konsumsi menjadi asam. Bila plak yang menghasilkan asam itu melekat pada permukaan gigi dalam waktu lama, maka asam itu akan menghancurkan permukaan gigi.

Karena itu, mulailah sejak dini memperkenalkan anak program menyikat gigi dua kali sehari pada waktu tepat. Beri dorongan pada anak dengan memberikan contoh yang baik dan periksakan gigi sejak anak berusia 3 tahun.

Selain menyikat gigi, jaga kebersihan gigi dengan mengurangi ngemil makanan atau minuman manis. Semakin sering kita mengonsumsi makanan bergula, semakin besar kita memberi peluang bakteri membuat lubang pada gigi. (Monica Erisanti)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.