Kompas.com - 27/02/2015, 08:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bagi yang ingin mengombinasi antara latihan aerobik  dengan kekuatan, cobalah melirik ke kettlebells. Alat berbentuk bulat dengan pegangan di bagian atasnya ini akan membantu melatih kekuatan maupun memperbaiki tingkat kebugaran. Dan, ini yang sangat diinginkan oleh kaum hawa, membentuk tubuh lebih seksi seperti Jennifer Lopez. 

Kettlebells sebenarnya sudah ada sejak lama. Hanya saja, alat ini populer dalam beberapa waktu terakhir. Di satu pusat kebugaran di Jakarta, kettlebells kerapkali terlihat digunakan oleh para instruktur untuk berlatih. 
 
Menurut J. Asher Falatic, dari departemen Kinesiology, San Jose State University, ini karena bentuknya berbeda dari dambel yang biasa dijumpai. Dan bisa digunakan untuk membantu melatih banyak bagian tubuh. 
 
Guna melihat manfaatnya, penelitian kecil dilakukan terhadap 17 pemain sepakbola wanita NCAA Divisi I. Bersama koleganya, Falatic, pimpinan penelitian tersebut, mengukur efek latihan kettlebell terhadap kapasitas aerobik, yaitu kemampuan dari jantung dan paru untuk mengonsumsi oksigen serta mengantarkannya ke otot. 
 
"Kapasitas aerobik, disebut juga sebagai kebugaran, adalah prediktor penting atas kesehatan dan panjang umur,” urai Lars Andersen, profesor untuk gangguan muskuloskeletal di The National Research Centre for the Working Environment, Denmark yang tidak terlibat dalam penelitian. 
 
Pesepakbola ini dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok kettlebell dan circuit training. Keduanya berlatih selama 20 menit, tiga kali seminggu sebagai tambahan terhadap latihan musim libur mereka. 
 
Menurut para periset, yang hasil penelitiannya dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Researchmereka yang dilatih dengan menggunakan kettlebells selama satu bulan, kapasitas aerobiknya meningkat enam persen. Tentu saja, tambah Alexander Koch, koordinator program ilmu olah raga di Lenoir-Rhyne University, North Carolina, Amerika Serikat, kettlebells ini bukan alat ajaib.

“Kettlebells merupakan satu pilihan bagi orang untuk berlatih guna meningkatkan kapasitas aerobiknya,” ujar Koch. 

 
Sebagai rekomendasi yang biasa diberikan, mulailah dengan yang  beban 16 kg bagi pria dan 12 kg untuk wanita dengan tingkat kebugaran rata-rata. Kalaupun masih bingung, tak ada salahnya meminta bantuan dari instruktur di tempat kebugaran Anda sebelum memulai latihan. 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.