Kompas.com - 28/02/2015, 12:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Segala sesuatu yang berlebihan memang berbahaya. Orang dewasa yang tidur lebih dari 8 jam setiap malam diketahui berisiko tinggi terkena stroke. Risikonya sekitar 46 persen.

Studi sebelumnya memang telah mengaitkan antara tidur terlalu lama dengan risiko stroke. Tetapi, belum jelas benar apakah tidur lama itu menyebabkan, atau sebagai gejala awal penurunan kesehatan otak. Setelah mengkaji beberapa studi, diketahui bagaimana kaitan antara tidur dengan stroke.

"Tidur yang cukup memang penting bagi kesehatan, tapi jangan terlalu lama," kata Yue Leng, peneliti dari Universitas Cambridge, Inggris.

Dalam penelitiannya, ia mengikuti hampir 9.700 orang di Eropa. Penelitian ini menelusuri  pola tidur para responden dan adanya insiden stroke selama 10 tahun. Responden dalam penelitian ini pria dan wanita berusia sekitar 62 tahun ketika studi dimulai. Mereka ditanya mengenai durasi tidur setiap malam dan seberapa nyenyak.

Sekitar 70 persen mengatakan, mereka tidur 6-8 jam setiap malam. Satu dari 10 orang mengatakan, mereka tidur lebih dari 8 jam. Mereka yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam kebanyakan adalah wanita, berusia tua, dan tidak aktif secara fisik.

Selama 10 tahun penelitian, 344 orang terkena stroke. Mereka yang tidur lebih dari 8 jam memiliki peningkatan risiko stroke 46 persen, dan orang yang tidur kurang dari 6 jam risikonya terkena stroke 18 persen lebih tinggi.

Orang yang pola tidurnya berubah, dari tidur kurang dari 6 jam menjadi lebih dari 8 jam, memiliki risiko 4 kali lebih besar menderita stroke dibandingkan dengan orang yang pola tidurnya konstan.

Kurang tidur memang bisa memicu meningkatnya hormon stres yang akhirnya meningkatkan tekanan darah dan risiko stroke. Tetapi, ketika peneliti memasukkan faktor seperti hipertensi, kaitan antara jam tidur yang panjang dan stroke tak berubah.

Para ahli menduga, jam tidur yang panjang merupakan sinyal bahaya yang perlu diwaspadai. Demikian juga halnya dengan orang yang pola tidurnya tiba-tiba berubah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.