Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2015, 19:35 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber bbc.co.uk

KOMPAS.com - Studi dari Korea menemukan efek menyenangkan dari minum kopi. Minum beberapa cangkir kopi sehari membantu pembuluh arteri menghindari penyumbatan penyebab penyakit jantung.

Penelitian dari Korea itu melibatkan 25 ribu karyawan pria dan wanita yang rutin menjalani pemeriksaan kesehatan di tempat kerja. Karyawan yang minum tiga sampai lima cangkir sehari ditemukan lebih sedikit memiliki tanda-tanda awal penyakit jantung dalam pemeriksaan kesehatan mereka.

Tentu saja penemuan ini menambah panas debat perihal kebaikan kopi untuk kesehatan jantung. Hingga saat ini masih terjadi kesimpangsiuran mengenai dampak kopi untuk kesehatan jantung.

Beberapa studi sebelumnya membuktikan dampak konsumsi kopi terhadap faktor risiko penyakit jantung seperti meningkatnya kolesterol dan tekanan darah. Sementara penelitian lain menemukan kopi mungkin memberi perlindungan untuk kesehatan jantung. Hingga saat ini belum ada bukti penelitian yang konklusif. Penemuan terakhir dari Korea Selatan yang diterbitkan di jurnal Heart menambah panas diskusi soal kopi dan jantung.

Dalam studi tersebut peneliti menggunakan pemindai medis untuk memeriksa kesehatan jantung. Secara khusus mereka melihat segala penyakit di pembuluh arteri jantung, pembuluh koroner. Dalam kasus penyakit jantung koroner, pembuluh koroner tersumbat oleh penumpukan lemak di dindingnya.

Pemindai yang digunakan peneliti mencari timbunan kecil kalsium di dinding pembuluh koroner untuk mencari tanda awal proses terjadinya penyakit jantung. Tak satu pun dari karyawan obyek penelitian yang memiliki gejala-gejala penyakit jantung. Tetapi satu dari sepuluh terlihat memiliki timbunan kalsium dalam pemeriksaan.

Para peneliti membandingkan hasil pemindaian dengan konsumsi kopi harian yang dilaporkan sendiri oleh karyawan. Sementara itu juga diperhitungkan faktor risiko potensial lainnya untuk penyakit jantung seperti merokok, olahraga, dan riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Mereka yang minum beberapa cangkir sehari ditemukan lebih sedikit memiliki timbunan kalsium dalam pembuluh arteri jantung dibandingkan mereka yang minum lebih banyak atau tidak minum kopi sama sekali.

Kendati demikian, peneliti mengatakan dibutuhkan lebih banyak studi untuk mengonfirmasi dan menjelaskan kaitan antara minum kopi dan penyakit jantung. Kopi mengandung stimulan bernama kafein dan sejumlah senyawa lain. Masih belum jelas apakah kafein dan senyawa-senyawa itu bermanfaat atau malah berbahaya untuk tubuh.

Victoria Taylor dari British Heart Foundation mengatakan,"Studi ini mengulas hubungan potensial antara mengonsumsi kopi dan menurunkan risiko pembuluh arteri jantung tersumbat. Dibutuhkan lebih banyak studi untuk mengonfirmasi penemuan ini dan mengerti alasan kaitan antara kopi dan kesehatan jantung."

"Kita perlu berhati-hati dalam menggeneralisasi hasil penelitian yang dilakukan terhadap masyarakat Korea Selatan yang memiliki pola makan dan gaya hidup berbeda dengan Inggris," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com