Kompas.com - 04/03/2015, 16:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Annabel Shelander duduk  anteng di pangkuan kakaknya, ia sedang menonton sebuah tayangan episode "Barney" pada iPadnya, sementara seorang perawat sedang menyalurkan cairan putih ke dalam perutnya.

Selama 9 tahun usianya, Annabel selalu makan dalam cara tersebut. Ia memiliki kondisi langka, yakni trisomy 18, yang membuatnya kesulitan mengkonsumsi dan mencerna makanan secara alami.

Walau begitu, proses makan melalui selang infus juga sebenarnya menyakitkan bagi gadis mungil ini.  Bagaimana tidak, ia diberi makanan berupa asupan nutrisi yang dialirkan melalui infus yang panjangnya sampai di atas hatinya.

Makanan cair yang dipompa melalui selang yang disebut sebagai nutrisi parenteral total, hal ini selalu membuat Annabel muntah dan terluka.

Namun kondisi itu berubah pada bulan lalu ketika ibunya, Cathy Shelander, mengetahui info tentang donasi ASI. Shelander (58), mengatakan, ia dan seorang temannya sedang membicarakan mengenai kondisi Annabel saat topik mengenai ASI mulai muncul.

Sebenarnya donor ASI bukan konsep yang asing bagi Shelander, karena Annabel telah direkomendasikan untuk mendapatkan ASI ketika dia berumur sekitar 3 tahun. "kondisi ini semacam hal yang berbeda, karena dia berusia lebih tua," Shelander, yang mengadopsi Annabel saat bayi.

Shelander mengatakan, dokter yang menangani Annabel merasa terkejut saat ia telah memutuskan untuk menyumbangkan ASInya bagi Annabel, karena hal ini tidak diatur oleh FDA.

Lima minggu sejak Annabel menerima ASI yang ia sumbangkan, Shelander melihat peningkatan yang signifikan pada putri angkatnya.

ASI memiliki komponen yang mampu melawan kuman dan juga mudah dicerna, kata Stacie Jones, spesialis laktasi di Christus St. Elizabeth Hospital di Beaumont. Ini juga dianggap sebagai "substansi dalam hidup" yang melapisi lapisan pada "usus yang belum dewasa," kata Jones.

ASI membantu Annabel dengan cacat kromosomnya yang disebut dengan trisomi 18, yang telah menyebabkan kelainan organ, cacat intelektual, ketidakmampuan untuk berjalan dan berat badan yang rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber foxnews

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.