Kompas.com - 12/03/2015, 10:23 WIB
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Akses masyarakat yang masih rendah terhadap air bersih dan sanitasi menjadi alasan PT.Samsung Electronics Indonesia bekerja sama dengan Palang Merah Korea, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Federasi International Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) meluncurkan program pemberdayaan air bersih dan sanitasi (WASH).

Program WASH (water, Sanitation and Hygiene) tersebut akan dilakukan di Jawa Timur dan Kalimantan TImur. Program serupa juga sudah diadakan oleh Samsung di Myanmar, Malawi, dan Tanzania.

Di Kalimantan Timur tercatat baru 32,5 persen penduduk yang memiliki akses terhadap fasilitas air bersih yang layak, sementara di Jawa Timur sekitar 42,5 persen.

“Program WASH diharapkan mampu menjangkau sebanyak 40.000 orang yang tersebar di 20 komunitas dan 40 sekolah, serta dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta pengelolaan air,” kata Sekretaris Jenderal PMI dr.Ritola Tasmaya dalam peluncuran program WASH di Jakarta, (11/3/2015).

Dalam program ini Samsung memberikan donasi sebesar US$ 300.000 pertahun selama dua tahun masa kerjasama.

"Melalui kerjasama ini Samsung ingin membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik. Program WASH ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat, serta mendapatkan fasilitas air bersih dan sanitasi yang lebih baik," kata Kanghyun Lee, Vice President Corporate Business and Corporate Affairs PT Samsung Electronic Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.