Kompas.com - 17/03/2015, 19:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ketika giginya patah saat membuka botol jus anaknya, Lisa Epsom mengira ia hanya membutuhkan perawatan lanjutan dari dokter gigi. Namun faktanya, saat memeriksa dokter justru menemukan kanker di mulutnya.

Lisa bahkan divonis tidak akan berumur panjang karena kankernya sudah masuk stadium lanjut.  Setelah 14 jam operasi untuk mengambil tumornya, Lisa mengatakan, "Botol jus itu' menyelamatkan hiduku. Jika aku tidak membukanya dengan gigi, aku tidak akan berada di sini," katanya.

Karena tumor itu pula, Lisa harus kehilangan separuh dari wajahnya. "Penampilanku berubah dan aku merasa cacat. Orang-orang menatap saya di jalanan. Tetapi aku hidup dan bisa melihat anakku tumbuh, jadi itu bukan masalah berarti bagiku. Aku ingin orang lain lebih waspada terhadap kanker mulut, karena aku sendiri belum pernah mendengarnya," paparnya.

Wanita usia 34 tahun ini mengalami masalahnya di bulan September 2013. Ia membuka botol jus dengan gigi dan salah satu giginya patah.

Namun ketika dokter gigi memeriksa giginya, ia lebih memperhatikan bercak merah di langit mulut dan memberi Lisa cermin untuk melihatnya.

"Sebenarnya saya telah menemukannya setahun sebelumnya, namun dokter umum mengatakan itu tak perlu dikhawatirkan. Aku melihatnya makin membesar, sebesar koin 5 sen dengan urat yang menonjol," katanya.

Hasil pemeriksaan lanjutan memastikan bercak merah itu adalah tumor. Terlebih sejak muda Lisa adalah seorang perokok.

Lisa yang merupakan ibu tunggal dari 4 anak ini diberi tahu bahwa ia mengidap karsinoma kistik adenoid dari langit mulut keras, suatu kanker mulut langka yang membutuhkan perawatan segera.

Ia tinggal bersama dua anak terkecilnya, Maison (6) dan Tiffany (2). Sementara itu dua anak tertuanya, Sarah (14) dan Natasha (12) tinggal bersama ayahnya.

"Sekarat bukan pilihan bagiku. Aku harus kuat demi anak-anakku," katanya.

Halaman:
Sumber Dailymail

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.