Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Makanan untuk Menunjang Tinggi Badan?

Kompas.com - 18/03/2015, 12:40 WIB

TANYA:
 
Dok, saya sudah 19 tahun dan tinggi badan saya tidak bertambah sejak saya duduk di bangku SMP kelas 3. Kira-kira makanan apa aja ya yang harus saya konsumsi untuk meninggikan badan saya, dan apakah masih mungkin tinggi badan saya bertambah 10cm ke atas ? Terima kasih dok.
Diko (19), Jakarta Selatan

JAWAB:

Dear ananda Diko,
Terima kasih atas pertanyaannya

Pertumbuhan seorang anak sangat dipengaruhi oleh faktor genetik (keturunan) dan lingkungan (berupa diet, olahraga, dll). Pertumbuhan cepat yang dialami seorang anak sudah dimulai saat masuk usia pubertas. Usia pubertas pada anak perempuan dimulai pada usia 10 atau 11 tahun dan mencapai puncak pertumbuhan cepat sekitar usia 12 tahun dan melambat pada saat memasuki usia 18 tahun. Sedangkan anak laki-laki dimulai saat usia 12 atau 13 tahun dan mencapai puncaknya sekitar usia 14 tahun.

Pertumbuhan ini akan melambat saat anak laki-laki memasuki usia 19 tahun. Saat memasuki usia pertumbuhan cepat (growth spurts), terjadi peningkatan tinggi badan sebanyak 8 cm/tahun pada anak perempuan dan pada anak laki-laki bisa melebihi 9 cm/tahun.

Dengan demikian bagi ananda Diko untuk menambah tinggi badan sebanyak 10 cm pada usia yang sudah 19 tahun, menjadi sesuatu yang agak sulit dicapai karena saat usia 19 tahun fase pertumbuhan sudah mulai melambat.

Namun ananda jangan berkecil hati karena usia maupun lamanya masa pertumbuhan cepat sangat bervariasi pada setiap individu. Ada beberapa hal yang dapat ananda lakukan untuk memperbaiki kondisi yang masih kurang dengan :

- Istirahat yang cukup sekitar 8-9 jam sehari akan membantu tubuh bekerja maksimal untuk mencapai fase pertumbuhan cepat.

- Diet yang tepat baik dalam arti jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi maupun jenis makanannya. Beberapa zat gizi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan antara lain :
protein, kalsium (susu, ikan, brokoli, keju), pospor (keju, cereal, daging sapi, yoghurt, susu, daging ayam, ikan salmon), magnesium (biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau), zinc (seafood, daging sapi, daging ayam).

Cukup vitamin D (cahaya matahari, ikan, susu),  vitamin K (sayuran hijau), fitoestrogen (produk kedelai). Berolahragalah secara teratur karena akan membantu memperbesar massa otot dan merangsang pertumbuhan tulang. Jauhi tekanan atau stres terutama dari teman sebaya

Semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com