Apa Saja Penyebab Tubuh Selalu Terasa Lelah? (2)

Kompas.com - 24/03/2015, 12:20 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kurang tidur ternyata bukan satu-satunya hal yang menguras energi Anda. Hal kecil yang Anda lakukan (atau tidak dilakukan) ternyata bisa melelahkan secara mental dan fisik, sehingga mempengaruhi aktivitas harian.

Para pakar mengungkap beberapa kebiasaan buruk umum yang bisa membuat Anda kelelahan, ditambah perubahan gaya hidup sederhana yang bisa mengembalikan Anda ke jalur yang tepat.

8. Sulit mengatakan 'tidak'
Orang menyenangkan sering mengorbankan energi dan kebahagiaannya sendiri. Keadaan lebih buruk dapat membuat Anda kesal dan marah dari waktu ke waktu. Jika ini yang terjadi, maka Anda perlu melatih diri untuk mampu mengatakan 'tidak' dengan tegas.

9. Memiliki kantor yang berantakan
Meja yang berantakan secara mental mampu melelahkan Anda karena membatasi kemampuan untuk fokus dan otak memproses informasi. Demikian penjelasan dari sebuah studi dari Princeton University, AS. Mulailah secara bertahap merapikan ruangan kerja Anda. Beri sentuhan personal di meja Anda, misalnya foto liburan atau hasil karya si kecil, untuk membangkitkan semangat.

10. Bekerja saat liburan
Mengecek e-mail di saat harusnya Anda beristirahat menjadi salah satu contohnya. Biarkan diri Anda merasakan istirahat sesungguhnya untuk meremajakan diri dan kembali ke kantor dengan kondisi lebih kuat.

11. Mengecek e-mail saat jam tidur
Direktur Medis New York Neurology & Sleep Medicine, Allen Towfigh menjelaskan, terangnya layar tablet, ponsel, atau komputer dapat mengganggu siklus tidur alami tubuh Anda dengan menekan melatonin, yakni hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun.

Sensititas terhadap cahaya digital dari alat komunikasi itu bisa beragam pada tiap orang, namun secara umum akan lebih baik jika menghindari semua alat teknologi sebanyak satu hingga dua jam sebelum tidur. Tak bisa menghindari memeriksa ponsel Anda sebelum tidur? Pegang sedikitnya 35 cm dari wajah Anda untuk menghindari risiko tidur yang terganggu.

12. Bergantung pada kafein sepanjang hari
Memulai pagi dengan kopi bukan masalah, nyatanya penelitian menunjukkan bahwa tiga cangkir kopi dalam harian baik bagi Anda. Namun, konsumsi kafein secara tidak bijak dapat mengganggu siklus tidur. Kafein menghambat adenosin, hasil sampingan dari sel aktif yang mendorong Anda untuk tidur karena terakumulasi.

Sebuah penelitian dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan bahwa mengonsumsi kafein enam jam sebelum waktu tidur dapat memengaruhi proses tidur. Jadi, mulai hentikan konsumsi kopi saat sore dan awasi sumber-sumber yang mengandung kafein.

13. Begadang saat akhir pekan
Begadang saat malam minggu dan baru tidur di esok paginya dapat menyebabkan kesulitan tidur di Minggu malam, serta kurang tidur pada Senin pagi. (Purwandini Sakti Pratiwi)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber Health
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X