Pengaruh Keturunan dalam Penyakit Kanker

Kompas.com - 31/03/2015, 10:40 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jika ada beberapa anggota keluarga Anda menderita kanker, mungkin Anda juga beresiko tinggi terkena penyakit ini. Tapi, banyak yang bisa kita lakukan untuk melawan balik.

Risiko Anda lebih besar jika anggota keluarga yang paling dekat, seperti orangtua atau saudara kandung, menderita kanker. Demikian menurut Noralane M. Lindor, MD, ahli genetika medis di Mayo Clinic.

Secara keseluruhan, sekitar 5 sampai 10 persen penyebab kanker diakibatkan karena faktor genetik. Namun menurut studi baru dalam jurnal The Prostate, kondisi ini tidak hanya dapat diturunkan dari orangtua saja, tapi juga kerabat keluarga lainnya, seperti tante ataupun sepupu.  

Jadi sangat penting untuk mengetahui riwayat penyakit kanker dalam keluarga.  Inilah beberapa jenis kanker yang biasanya diwarisi secara turun-menurun.

Kanker kolorektal
Menurut American Cancer Society (ACS), satu dari lima orang yang mengalami kanker kolorektal mempunyai anggota keluarga yang juga memiliki jenis kanker yang sama.

Risiko Anda akan meningkat sebesar 50 persen jika Anda memiliki anggota keluarga yang mengidap kanker dan akan meningkat hingga empat kali lipat jika ia terdiagnosis saat berusia kurang dari 50 tahun.

Dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan kolonoskopi atau screening kanker lebih awal sebelum memasuki umur 50 tahun, bahkan pada beberapa kasus di usia kanak-kanak.
Langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan dapat dimulai dengan berhenti merokok, mengendalikan berat badan, dan jika memiliki potensi pertumbuhan sel kanker yang masih berupa polip, agar segera dilakukan penanganan (berupa pemotongan) secara lebih awal.

Melanoma
Sekitar satu dari sepuluh orang dengan melanoma memiliki riwayat keluarga yang juga mengalami kanker kulit yang mematikan ini. Menurut sebuah studi di Universitas Stanford, Anda beresiko 3 kali lebih besar jika orangtua telah terdiagnosis jenis kanker ini, bahkan risikonya naik 6 kali jika saudara kandung juga memiliki kondisi yang sama.

Menurut Christine Stanislaw, ahli genetik, walau ada faktor keturunan dalam penyakit ini, tapi faktor risiko terbesar adalah paparan radiasi sinar ultraviolet.

Jika ada riwayat kanker kulit dalam keluarga, Anda perlu secara rutin memeriksakan kondisi kulit ke dokter, terutama jika ada keluhan dari tahi lalat dimiliki. Sebaiknya Anda perlu menggunakan tabir surya dan hindari tanning bed

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Menshealth
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X