Kompas.com - 13/04/2015, 19:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com –
Stres ternyata tak hanya mengganggu kondisi psikologis. Stres juga berdampak pada fisik seseorang. Charlotte Watts, seorang ahli gizi mengatakan, bahwa kondisi stres bisa mengurangi nutrisi yang ada dalam tubuh.

Dengan demikian, kondisi stres dapat ditandai dengan beberapa gejala fisik yang berhubungan dengan kekurangan vitamin dan mineral. Tujuh tanda-tanda berikut bisa jadi disebabkan karena Anda sedang stres.

Bibir pecah-pecah
Ketika bibir pecah-pecah, itu tandanya Anda kekurangan vitamin B6. Menurut Watts, vitamin B6 memengaruhi produksi serotonin dan dopamin yang mengatur suasana hati seseorang. Selain itu  juga hormon melatonin yang membantu seseorang untuk tertidur lelap.

Anda bisa mendapatkan vitamin B6 dari wortel, kacang polong, bayam, alpukat, pisang, brokoli, kubis, hingga jagung.

Rahang menggeretak
Rahang gigi menggeretak bisa jadi tanda Anda sedang stres. Hal itu terjadi karena kurangnya vitamin B5 yang sering disebut sebagai vitamin antistres. Menurut Watts, stres dapat memicu tekanan pada otot-otot di sekitar wajah.

Vitamin B5 diketahui dapat membantu produksi hormon adrenalin, kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin ini juga dibutuhkan untuk memroduksi asetilkolin yang dapat mengurangi stres. Anda bisa mendapatkan vitamin B5 dari sayuran segar, kacang-kacangan, jamur, hingga ikan laut.

Goresan putih pada kuku
Goresan putih pada kuku selama ini dianggap karena seseorang kekurangan kalsium. Padahal, kondisi ini dapat terjadi karena kurangnya mineral dalam tubuh dan berkaitan dengan stres.

Mineral yang dimaksud adalah mineral seng atau zinc yang diperlukan tubuh untuk produksi hormon dan menjaga kekebalan tubuh. Zinc dapat diperoleh dari  ikan, daging, biji bunga matahari, kacang-kacangan, kerang, kepiting, hingga keju.

Diare
Saat stres, tubuh bisa mengalami kekurangan magnesium yang mengakibatkan Anda diare. Magnesium merupakan mineral penting yang tersebar 70 persen di tulang dan 30 persen dalam jaringan lunak maupun cairan tubuh.

Magnesium dibutuhkan untuk membuat otot-otot saluran pencernaan berfungsi dengan baik. Adapun, sumber makanan yang mengandung magnesium di antaranya, gandum, kedelai, wortel, kacang polong, kentang, alpukat, dan kembang kol.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.