Kompas.com - 14/04/2015, 16:29 WIB
shutterstock
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Walau sikat gigi terasa masih nyaman dipakai, namun pemakaian sikat gigi juga ada batasnya. Sebaiknya sikat gigi diganti setiap tiga bulan sekali agar proses pembersihan gigi lebih optimal.

Hasil penelitian juga menunjukkan, setelah tiga bulan efektivitas sikat gigi dalam membersihkan plak berkurang sampai 53 persen.

Namun hasil survei Nielsen tahun 2014 menunjukkan, rata-rata orang Indonesia baru mengganti sikat giginya setelah 10 bulan. Terlalu lama memakai sikat gigi yang sama juga akan menyebabkan bulu sikat berubah seperti "megar".

"Sikat gigi yang dipakai terlalu lama bisa menjadi sarang bakteri. Apalagi tempat penyimpanan sikat gigi biasanya di kamar mandi yang berdekatan dengan toilet, sehingga terkadang ada bakteri feses yang menempel di bulu sikat," kata drg.Melanie S.Djamil, Guru Besar dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, dalam acara kampanye "Ayo Ganti! Untuk Gigi dan Mulut yang Lebih Sehat" yang diadakan oleh pasta gigi Formula di Jakarta, Selasa (14/4).

Melanie menambahkan, setelah 3 bulan jumlah bakteri yang terdapat dalam satu sikat gigi bisa mencapai 200 juta. "Tidak semua masyarakat mempunyai kamar mandi higienis untuk menaruh tempat sikat gigi," ujarnya.

Tentu saja memakai sikat yang kotor untuk membersihkan gigi akan percuma, malah menurut Melanie kita juga beresiko besar menderita radang gusi dan gigi berlubang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.