Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara Tanpa Bukti, Dokter Oz Dituntut Dikeluarkan dari Fakultas

Kompas.com - 20/04/2015, 07:00 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
– Tayangan televisi “The Dr Oz Show” rupanya menimbulkan kontroversi di dunia kedokteran. Sebanyak 10 dokter menuntut pembawa acara tersebut, yaitu Mehmet Oz untuk diberhentikan dari jabatannya di Fakultas Kedokteran Columbia University.

Menurut 10 dokter ini, OZ tak memiliki integritas sebagai dokter karena justru memromosikan “perawatan dukun” dalam tayangan televisi.

 "Dr Oz telah berulang kali menunjukkan penghinaan terhadap ilmu pengetahuan dan kedokteran yang telah berbasis bukti," tulis surat 10 dokter tersebut seperti dikutip dari Foxnews.com. Surat itu dikirim kepada Lee Goldman, dekan Fakultas Ilmu Kesehatan dan KedokteranColumbia University pada awal pekan ini

Sebagai salah satu contoh, Oz pernah menyarankan penggunaan “keajaiban” produk suplemen penurunan berat badan yang belum terbukti secara ilmiah.

Menanggapi hal ini, The New York Ivy League school memberikan  pernyataan kepada The Associated Press  bahwa sekolah berkomitmen pada prinsip kebebasan akademik dan membebaskan anggota fakultas mengekspresikan laporan yang mereka buat dalam diskusi publik.

Tuntutan para dokter ini dipimpin oleh dokter Henry Miller dari California Stanford University. Kemudian, sembilan dokter lain berasal dari berbagai wilayah seperti dokter Joel Tepper, seorang peneliti kanker dari University of North Carolina School of Medicine, dan dokter Gilbert Ross dari American Council on Science and Health di New York City.

Para dokter tersebut mengatakan, Oz sebagai ahli bedah kardiotoraks atau jantung dan dada, telah menunjukkan kurangnya integritas dengan memromosikan perawatan maupun penyembuhan dengan cara dukun demi keuntungan pribadi. Menurut mereka, hal ini sunguh menyesatkan masyarakat.

Pada tahun lalu, Oz sendiri pernah mengakui bahwa beberapa produk yang ia rekomendasikan pada penonton tidak didukung oleh bukti ilmiah sebagai fakta.

Oz pertama kali  menjadi perhatian publik setelah sering menjadi bintang tamu dalam acara televisi Oprah Winfrey. Selama lima tahun terakhir ini, ia pun menjadi pembawa acara "The Dr Oz Show."

Douglas Levy, juru bicara Columbia University Medical Center mengatakan, Oz yang menjabat Wakil Ketua Departemen Bedah Columbia University itu terkadang juga masih mengajar di universitas. Oz sendiri pada Kamis (16/4/2015) malam belum bisa dihubungi untuk dimintai komentarnya mengenai hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com