Kompas.com - 22/04/2015, 10:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

SUKABUMI, KOMPAS.com - Yogurt yang merupakan hasil fermentasi susu ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Marya Haryono mengatakan, yogurt dapat mengikat kolesterol dalam usus sehingga kolesterol dapat dikeluarkan bersama kotoran. "Yogurt mengandung bakteri asam laktat dan probiotik yang dapat menghambat reabsorpsi empedu dan absorpsi kolesterol," terang Marya dalam acara Media Adventure bersama Heavenly Blush di Sukabumi, Jawa Barat (21/4).

Marya mengatakan, yogurt mudah dicerna dan mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh. Nutrisi yang ada pada susu juga terdapat pada yogurt. "Yogurt kalsiummnya juga tinggi seperti susu. Konsumsi yogurt dua kali sehari sudah dapat memenuhi kebutuhan kalsium per hari yaitu rata-rata 1000 miligram," terang Marya.

Manfaat yogurt untuk menurunkan kadar kolesterol ini pernah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan di Shiraz, Iran Selatan pada tahun 2010. Mereka meneliti konsumsi yogurt dengan probiotik dan yogurt tanpa probiotik terhadap 46 responden berusia 20-67 tahun. Hasilnya, mereka yang diberi yogurt probiotik 300 gram per hari ternyata efektif menurunkan kadar LDL dan kolesterol.

Penelitian ini dilakukan karena banyak warga di Iran yang menderita penyakit kardiovaskular dan kolesterol tinggi. Selain itu, konsumsi yogurt secara teratur juga dipercaya dapat mencegah tekanan darah tinggi dan jantung koroner.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.