Kompas.com - 24/04/2015, 10:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mereka yang mengalami gangguan pendengaran, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan alat bantu pendengaran. Selain membantu menjalani kehidupan sehari-hari, alat bantu pendengaran ini juga akan menurunkan risiko lupa dan kebingungan yang berkaitan dengan gangguan pendengaran. 

Penelitian sebelumnya menjumpai hubungan peningkatan risiko antara gangguan pendengaran dengan masalah kognitif. Sementara itu, sejumlah studi juga fokus terhadap penggunaan alat bantu pendengaran dengan penurunan risiko masalah kognitif di kemudian hari. 

Di studi terbaru ini, periset melibatkan 253 orang dari Maryland dengan rata-rata usia 77 tahun. Sebagian besar dari mereka mengalami gangguan pendengaran ringan, sedang, atau berat. 

Para responden kemudian dites atas ingatan, pengetahuan, bahasa, dan kecepatan mengolah di tahun 1990-1992, 1996-1998, dan kemudian diberikan tes kognitif intensif di tahun 2013.

Secara keseluruhan, hasil studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, menunjukkan bahwa skor tes dari partisipan dengan gangguan pendengaran sedang hingga berat, menurun dalam 20 tahun. Namun partisipan yang tidak menggunakan alat bantu pendengaranlah yang mengalami penurunan paling banyak. 

Sementara, mereka yang menggunakan alat bantu pendengaran, memiliki skor relatif sedikit jelek setelah 20 tahun dibandingkan dengan orang yang memiliki pendengaran normal. 

Dikatakan Jennifer Deal, penulis utama studi dari Bloomberg School of Public Health, Johns Hopkins University, Baltimore, studi ini penting karena memfokuskan pada faktor risiko yang mengakomodir untuk intervensi di kemudian hari dan berpotensi menunda penurunan kognitif. 

Mengatasi gangguan pendengaran, ditambahkan Dr. Alice Holmes, profesor audiologi di University of Florida, Gainesville, akan benar-benar memperbaiki kualitas hidup seseorang secara keseluruhan. Tidak hanya memperbaiki kualitas hidupnya, melainkan juga orang-orang yang ada di sekitarnya. 

Meski menunjukkan manfaat positif, penggunaan alat bantu pendengaran ini masih memiliki sejumlah hambatan. Di antaranya adalah masalah biaya dan perlunya belajar untuk menggunakan alat tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.