Lebih dari 1000 Dokter Minta Dr. Oz Mundur dari Jabatannya

Kompas.com - 29/04/2015, 07:14 WIB
Dr.Mehmet Oz IstDr.Mehmet Oz
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -  Setidaknya ada 1.000 dokter di Amerika Serikat mengatakan bahwa Dr. Mehmet Oz lebih baik mundur dari jabatan akademiknya di Universitas Columbia, New York, Amerika Serikat. Demikian menurut hasil polling terbaru.

Belum lama ini, 10 dokter mengirim sebuah surat panggilan untuk Oz, pembawa acara program TV populer "The Dr. Oz Show", untuk dicopot dari posisi akademiknya sebagai ahli bedah kardiotoraks di Universitas Columbia.

Para dokter mengatakan bahwa Oz telah mempromosikan berbagai produk dan mengklaimnya tanpa adanya dukungan bukti medis.

Lebih dari 1.300 dokter yang menanggapi jajak pendapat yang diselenggarakan SERMO, jaringan sosial untuk dokter, pada 24 April. Sebanyak 735 dokter (57 persen) menyatakan Oz harus mundur dari jabatannya di Columbia. Lima puluh dokter (4 persen) mengatakan bahwa lisensi medisnya harus dicabut.

Sementara itu, 280 dokter lainnya (28 persen) menyatakan Oz harus mundur dari jabatannya dan ditarik lisensi medisnya. Sebagai tambahan, 18 persen dari mereka mengatakan Oz tidak harus melakukan apa-apa, karena mereka menghormatinya sebagai dokter.

SERMO memiliki lebih dari 300.000 anggota dari Amerika Serikat. Jajak pendapat ini masih berlangsung, jadi belum ada margin error yang terhitung sampai saat ini.

Dalam surat yang dikirim kepada Columbia University, dokter dari berbagai negara bagian AS mengkritisi Oz karena 'penghinaan terhadap ilmu pengetahuan' dan tentangan tak berdasarnya terhadap makanan yang dibuat dari organisme hasil rekayasa genetika (GMO).

"Yang paling buruk, ia menampilkan integritas yang mengerikan dengan mempromosikan perawatan dukun dan obat untuk kepentingan pribadinya," tulis mereka.

Oz merespon kritik terhadapnya pada sebuah episode dalam program TV-nya dan menyebut tindakan mereka merupakan serangan bagi kebebasan berpendapat dan berbicaranya.

"Saya bersumpah pada Anda di sini dan sekarang, kami tidak akan bungkam," ucap Oz.

Oz menuturkan bahwa ia tidak pernah mempromosikan pengobatan demi keuntungan pribadinya, dan menyerang dokter yang menulis surat itu memiliki hubungan dengan industri GMO.

Oz berargumen, ia tidak menentang makanan GMO, tetapi mereka harus dilabeli sebagai GMO. Kritik mengatakan bahwa labeling seperti itu akan meningkatkan kewaspadaan konsumen, serta tidak ada bukti bahwa makanan tersebut tidak aman untuk konsumsi sama seeperti pangan yang ditanam secara konvensional.

Juni lalu, Oz diserang saat rapat Senat karena ia membuat klaim tentang keajaiban obat dan suplemen penurunan berat badan seperti ekstrak kopi hijau, meskipun masih minimnya bukti ilmiah dan keberhasilannya. (Purwandini Sakti Pratiwi)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X