Kompas.com - 03/05/2015, 11:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Saat usia bertambah, biasanya diiringi dengan sejumlah penurunan dari fungsi tubuh. Misalnya saja, penurunan daya penglihatan, daya ingat, atau fungsi anggota tubuh lainnya. Ya tidak semuanya seperti itu, namun mereka yang berusia lanjut tak sedikit mengeluhkan kondisi tersebut.

Meski mengalami sejumlah penurunan, faktanya, ada kelebihan yang dimiliki oleh mereka yang berusia lanjut. Mereka lebih bahagia!

Tidak hanya lebih bahagia, mereka yang menua juga lebih puas dengan kehidupannya. Hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh Buffalo University dan Northwestern University menunjukkan hal tersebut. Satu alasan yang dapat terjadi adalah saat menua, orang lebih memiliki kepercayaan yang pada akhirnya akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesejahteraan mereka. 

Menurut Claudia Haase, profesor untuk kebijakan sosial di Northwestern dan satu dari penulis utama penelitian, "Ketika kita memikirkan usia tua, kita kerap memikirkan penurunan dan kehilangan." Namun bertambahnya penelitian menunjukkan bahwa ada sesuatu yang nyatanya menjadi lebih baik ketika usia bertambah. 

Dalam studi pertamanya, para periset meneliti hubungan antara usia dan kepercayaan terhadap sampel yang hampir 200 ribu orang dari 83 negara, di 30 tahun terakhir. Sementara studi kedua diikuti oleh lebih dari 1.200 orang Amerika dari berbagai usia. 

"Kepercayaan atau keyakinan bisa memberi kesejahteraan. Karena rasa percaya pada orang lain memungkinkan kita mendapat dukungan, kenyamanan, serta kegembiraan dari hubungan sosial kita. Orang yang lebih yakin juga lebih bahagia," imbuh Haase. Lebih lanjut, dari studi tersebut juga ditunjukkan bahwa orang yang lebih percaya atau yakin tidak hanya lebih bahagia saat ini tetapi juga mengalami peningkatan kebahagiaan sejalan waktu. 

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science juga menegaskan bahwa peningkatan kadar kepercayaan pada akhirnya akan menuju pada perbaikan kesejahteraan dan kebahagiaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.