Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2015, 11:00 WIB
Kontributor Health, Diana Yunita Sari

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Saat usia bertambah, biasanya diiringi dengan sejumlah penurunan dari fungsi tubuh. Misalnya saja, penurunan daya penglihatan, daya ingat, atau fungsi anggota tubuh lainnya. Ya tidak semuanya seperti itu, namun mereka yang berusia lanjut tak sedikit mengeluhkan kondisi tersebut.

Meski mengalami sejumlah penurunan, faktanya, ada kelebihan yang dimiliki oleh mereka yang berusia lanjut. Mereka lebih bahagia!

Tidak hanya lebih bahagia, mereka yang menua juga lebih puas dengan kehidupannya. Hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh Buffalo University dan Northwestern University menunjukkan hal tersebut. Satu alasan yang dapat terjadi adalah saat menua, orang lebih memiliki kepercayaan yang pada akhirnya akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesejahteraan mereka. 

Menurut Claudia Haase, profesor untuk kebijakan sosial di Northwestern dan satu dari penulis utama penelitian, "Ketika kita memikirkan usia tua, kita kerap memikirkan penurunan dan kehilangan." Namun bertambahnya penelitian menunjukkan bahwa ada sesuatu yang nyatanya menjadi lebih baik ketika usia bertambah. 

Dalam studi pertamanya, para periset meneliti hubungan antara usia dan kepercayaan terhadap sampel yang hampir 200 ribu orang dari 83 negara, di 30 tahun terakhir. Sementara studi kedua diikuti oleh lebih dari 1.200 orang Amerika dari berbagai usia. 

"Kepercayaan atau keyakinan bisa memberi kesejahteraan. Karena rasa percaya pada orang lain memungkinkan kita mendapat dukungan, kenyamanan, serta kegembiraan dari hubungan sosial kita. Orang yang lebih yakin juga lebih bahagia," imbuh Haase. Lebih lanjut, dari studi tersebut juga ditunjukkan bahwa orang yang lebih percaya atau yakin tidak hanya lebih bahagia saat ini tetapi juga mengalami peningkatan kebahagiaan sejalan waktu. 

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science juga menegaskan bahwa peningkatan kadar kepercayaan pada akhirnya akan menuju pada perbaikan kesejahteraan dan kebahagiaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com