Kompas.com - 05/05/2015, 08:10 WIB
Adriana Lima sudah berlatih tinju selama 13 tahun. YoutubeAdriana Lima sudah berlatih tinju selama 13 tahun.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tinju, walau memiliki stereotype olahraga keras, sebenarnya bukan hanya olahraga para pria. Bahkan dalam pertandingan besar di Vegas akhir pekan lalu antara Floyd Mayweather dan Manny Pacquiao, banyak kaum hawa yang antusias menonton.

Sebagian wanita bahkan bukan hanya menonton, tapi serius berlatih. Model Adriana Lima adalah salah satunya. Wanita yang termasuk dalam "bidadari" Victoria Secret ini jatuh cinta dengan olahraga tinju saat pertama kali berlatih 13 tahun lalu.

"Olahraga ini sangat memberi kuasa karena kita akan belajar bagaimana agar lebih kuat sekuat yang kita mampu. Ini adalah olahraga terbaik," kata Lima.

Lima tak sendiri, deretan model papan atas seperti Karlie Kloss, Chanel Iman, Gigi Hadid, dan Gisele Bundchen juga rutin berlatih tinju. Bunchen juga terlibat dalam kampanye iklan "I Will What I Want" yang menampilkan ia dengan garangnya memukul samsak.

Tak heran jika para model lebih memilih olahraga tinju untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Apalagi, olahraga ini juga bisa membakar ribuan kalori.

"Tinju bisa membantu meningkatkan kekuatan tubuh, ini sangat baik bukan hanya bagi pria tapi juga wanita, terutama yang ingin melakukan olahraga lain," kata Dr.Jordan Metzl, dokter spesialis olahraga dari New York's Hospital for Special Surgery.

Ia mengatakan, tinju akan membantu keseimbangan dan juga kekuatan untuk melindungi lutut. Manfaat lainnya adalah membentuk massa tulang. Bagi wanita hal ini sangat bermanfaat karena mereka lebih rentan menderita penyakit tulang rapuh atau osteoporosis.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para wanita juga memiliki keuntungan tersendiri dalam melakukan olahraga ini.

"Saya amati para wanita jauh lebih setia dan berdedikasi pada olahraga yang menjadi bagian dari keseharian. Tinju adalah olahraga yang butuh passion," kata Daniel Glazer, pendiri pusat kebugaran dan latihan tinju Shadowbox di New York, AS.

Selain urusan kebugaran dan pembentukan kekuatan, sebenarnya olahraga tinju sangat menyenangkan. "Sangat fun untuk merasakan kekuatan kita sendiri," kata Lacey Stone, pelatih kebugaran langganan selebriti.

"Saya memiliki dua anak dan hampir berusia 34 tahun. Terima kasih pada olahraga tinju karena sampai sekarang saya masih bisa jadi model," kata Lima.

Lima juga terinspirasi dari ibunya yang sudah berusia 70 tahun namun masih rajin datang ke gym setiap hari untuk berlatih tinju. "Tinju adalah olahraga sempurna," katanya.


Sumber Healthland
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X