Kompas.com - 06/05/2015, 16:17 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Penyakit multiple sclerosis (MS) memang kurang dikenal. Komedian dan presenter Ferrasta Soebardi alias Pepeng merupakan salah satu tokoh terkenal yang menderita penyakit ini dan meninggal dunia karenanya.

MS adalah penyakit yang berat karena menyerang sistem saraf pusat dan bisa menyebabkan penderitanya kesulitan berjalan atau berbicara. Meski begitu, ada juga pasien yang mengalami penyakit MS dalam derajat ringan sehingga gejalanya tak terlalu kentara serta hilang timbul.

Selebriti dan tokoh terkenal yang menderita penyakit ini sebenarnya tak sedikit. Mereka harus berjuang mengalahkan penyakit ini di tengah ketatnya jadwal dan pekerjaan yang membuat stres, dua hal yang bisa memperparah MS.

Berikut adalah beberapa selebriti dan tokoh terkenal yang menderita MS.

1. Jack Osbourne
Putra dari selebriti Ozzy dan Sharon ini didiagnosis MS saat berusia 26 tahun, seminggu setelah ia menjadi ayah. Ia pertama kali memeriksakan kondisinya karena mengalami gangguan penglihatan. "Mendadak titik-titik hitam tampak dalam penglihatan saya," katanya.

Kondisi penglihatannya makin lama memburuk. Oleh dokter, ia diberi obat-obatan dan diwajibkan menjalankan pola makan sehat untuk memperbaiki gejalanya dan memperlambat terjadinya komplikasi.

2. Richard Cohen
Produser dan suami dari koresponden NBC Meredith Vieria, Richard Cohen didiagnosis menderita MS saat berusia 25 tahun. Ia menikahi Vieria dan memiliki tiga anak. Namun, isu kesehatan membuat pernikahan mereka diguncang prahara.

"Kami sering lari dan pergi ski bersama, atau ke pantai. Tetapi, sekarang sudah sangat sulit bagi Richard untuk berdiri," kata Vieria. Kondisi Cohen terus memburuk, ia menderita kanker kolon dan juga kebutaan.

3. David dan Alan Osmond
Anak-anak yang lahir dari orangtua dengan penyakit MS memang lebih berisiko menderita penyakit ini. Salah satunya adalah David dan Alan Osmond. Alan didiagnosis MS pada akhir tahun 1980-an, lalu putranya David, didiagnosis pada tahun 2006 saat ia berusia 26 tahun.

4. Ann Romney
Istri dari calon presiden dari kubu Republik AS tahun 2012, Mitt Romney, ini mengalami tahun yang sangat sibuk pada saat pencalonan suaminya. Ia menduga kondisi itu memicu gejala MS timbul. Sebelumnya ia sudah didiagnosis MS pada tahun 1998 saat ia sering mengalami rasa pusing dan otaknya seolah berkabut.

5. Tamia Hill
Penyanyi R&B dan juga istri dari bintang NBA Grant Hill ini didiagnosis MS pada tahun 2003. Tamia mengatakan, menjadi istri atlet membuatnya lebih mudah berkonsentrasi pada pola makan yang sehat dan menjaga berat badan. Secara umum, ia merasa kesehatannya terjaga dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Health

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.