Kompas.com - 11/05/2015, 19:00 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS.com - Anak-anak perlu diberikan asupan nutrisi yang lengkap agar tumbuh kembangnya optimal. Sebab, nutrisi dalam tubuh pun tak bisa bekerja sendirian untuk memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh.

Dokter Tria Rosemiarti selaku Medical Affairs Manager Sarihusada mengatakan, berdasarkan temuan ilmiah, nutrisi harus bersinergi karena komponen nutrisi dapat berperan sebagai katalis dari nutrisi lain dan membantu penyerapan yang lebih baik bagi tubuh.

"Analoginya seperti orkestra. Bermain orkestra kalau sendiri tidak mungkin hasilnya maksimal. Sama halnya dengan nutrisi. Jadi harus bersinergi," kata Tria dalam acara peluncuran produk Presinutri+ di Jakarta, Senin (11/5/2015).

Sebagai contoh, asupan kalsium harus bersinergi dengan vitamin D. Pasalnya, vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Kemudian vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi agar anak tetap aktif dan mencegah anemia.

Nutrisi lain yang bersinergi, yaitu kandungan AA DHA dan ALA, LA untuk perkembangan otak, prebiotik dan Zinc untuk kesehatan saluran cerna, vitamin A dan Zinc untuk sistem imunitas.

Tria mengatakan, asupan nutrisi lengkap ini, bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu. Pemberian susu ini pun tak hanya untuk anak di atas usia 1 tahun, tetapi bisa dimulai sejak ibu mengandung. Misalnya, ibu hamil bisa mengonsumsi susu yang mengandung asam folat sekaligus vitamin B12.

"Asam folat dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Sementara B12 sebagai koenzim dalam pembentukan sel darah merah," terang Tria.

Kemudian, setelah lahir anak harus mendapat ASI (air susu ibu) eksklusif minimal 6 bulan. Ingat, asupan nutrisi yang baik harus diberikan pada anak sejak 1000 hari pertama kehidupannya, agar tumbuh kembangnya optimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.