Kompas.com - 12/05/2015, 09:42 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com
-Membuat anak balita menyukai makanan padat yang bergizi kerap menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua karena anak cenderung sulit makan. Susu pun sering kali diberikan lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

Dokter Tria Rosemiarti selaku Medical Affairs Manager Sarihusada mengatakan, susu memang sudah mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Namun, bukan berarti susu dijadikan pengganti makanan padat untuk anak.

"Misalnya, ada ibu mengatakan, anak saya enggak mau makan padat, tapi minum susunya bagus. Jadi hanya minum susu. Itu enggak boleh," kata Tria.

Susu berguna untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak, bukan sebagai pengganti makanan padat. Tria menjelaskan, makanan padat diperlukan dalam tahapan anak mulai bisa mengunyah. Hal ini diperlukan untuk menunjang pertumbuhan giginya.

"Ada juga yang makanannya diblender, itu juga enggak boleh," lanjut Tria.

Makanan padat juga diperlukan agar fungsi usus berjalan normal. Menurut Tria, orangtua bisa mengenalkan makanan pada secara perlahan pada anak.

Berikan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Jangan lupa kenalkan anak dengan makan sayuran dan buah-buahan.

"Pola makan sehat akan menentukan kualitas kesehatan," kata Tria

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.