Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kegemukan Pada Anak, dengan Lima Pemanis Alami

Kompas.com - 18/05/2015, 01:02 WIB


KOMPAS.com
- Umumnya, anak kecil senang mengonsumsi makanan-makanan manis. Tapi, hati-hati, makanan manis bisa menyebabkan kegemukan pada anak. Gunakan lima pemanis alami berikut, untuk menghindarinya.

Permen, cokelat, cake, ataupun ice cream selalu menjadi makanan favorit anak-anak. Tampilannya yang cantik dan rasanya yang manis tak pernah gagal menarik perhatian anak-anak. Untuk menghindari anak-anak dari kegemukan atau obesitas, sebaiknya batasi konsumsi gula dan ganti konsumsi gula dengan pemanis alami.

Madu

Makanan super alami yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat. Madu manuka secara khusus dianggap memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan pilek dan mencegah radang gusi. Bahkan, madu juga dikenal dapat membantu mengurangi kecemasan, dan mengobati gangguan pencernaan. Inilah salah satu pemanis alami yang digunakan dalam hampir semua resep roti atau kue. Kandungan karbohidratnya yang tinggi, membuat madu menjadi asupan sempurna setelah olahraga.


Nectar agave

Pemanis alami ini diekstrak dari kaktus seperti tanaman agave. Seperti halnya gula, bisa sebagai tambahan minuman teh herbal atau sirup buatan sendiri. Bisa juga, digunakan untuk selai saat sarapan. Karena indeks glikemiknya rendah, pemanis ini tidak akan menyebabkan kadar gula darah melonjak dengan cepat. Namun, hati-hati dalam penggunaannya, karena tingginya kadar fruktosa (gula buah) di dalamnya, meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Gula kelapa 

Gula kelapa terbuat dari nira pohon kelapa. Rasanya sering dibandingkan dengan gula merah dengan sedikit karamel, sehingga bisa dijadikan pengganti gula dalam hidangan penutup. Gula kelapa diklaim sebagai pemanis alami dengan glikemik yang rendah. Sehingga, membutuhkan waktu lebih lama bagi sistem pencernaan untuk memecahnya menjadi glukosa. Kandungan glutaminnya yang tinggi, juga menjadi senyawa anti peradangan.

Sirup maple

Pemanis ini diekstrak langsung dari getah maple. Di dalamnya terkandung seng, magnesium, dan besi, serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya memiliki sifat anti-kanker, anti-bakteri, dan anti-diabetes. Sirup maple sering digunakan untuk pancake, pemanis havermut, atau digunakan sebagai alternatif gula dalam pembuatan kue. Tapi hati-hati, beberapa merek sering menambakan sirup jagung fruktosa tinggi atau gula lain. Pastikan selalu membaca label saat membeli sirup maple. Produk yang lebih murah, biasanya hanya berisi gula putih biasa.

Stevia

Stevia merupakan salah satu alternatif gula yang tidak diproses secara kimia. Ini berasal dari daun tanaman Stevia, dan dijual dalam bentuk bubuk dan cair. Stevia rasanya lebih manis daripada gula, sehingga pemakaiannya sedikit saja. Karena stevia bebas kalori, maka menjadi alternatif yang bagus untuk gula alami, bagi mereka yang mencoba untuk menurunkan berat badan.

Pemanis alami tak hanya berfungsi member rasa manis pada makanan, tapi juga lebih bergizi dan aman bagi kesehaan tubuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com