Kompas.com - 19/05/2015, 20:00 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke 107 dan juga Hari Kebangkitan Nasional, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks secara gratis.

Ketua panitia pelaksana HBDI, dokter Astronias B Awusi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud pengabdian dokter pada masyarakat.

"Tuntutan masyarakat terhadap nilai sosial dan pengabdian dokter semakin tinggi. Hal ini menimbulkan pertanyaan di kalangan profesi, apa saja pengabdian yang pernah kita lakukan terhadap masyarakat Indonesia, pengabdian seperti apa yang dibutuhkan masyarakat," kata Astronias di Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Puncak acara peringatan HBDI rencananya akan digelar pada Minggu (24/5/2015) di Rusun Tambora, Jakarta Barat. Pemeriksaan kanker serviks dengan IVA sebelumnya telah dilakukan terhadap 300 ibu rumah tangga di Tambora yang bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta dan rencananya akan dilakukan di seluruh Indonesia.

Hal ini guna meningkatkan kesadaran pentingnya deteksi dini kanker serviks. Sebab, kasus kanker serviks di Indonesia cukup tinggi. Diperkirakan setiap hari muncul 40-45 kasus baru kanker serviks dengan 20-25 orang meninggal dunia.

Dalam rangka HBDI, IDI juga meluncurkan program donasi 1 juta telur untuk anak Indonesia, mengingat masih kurangnya anak yang mendapat gizi cukup. Telur diketahui sebagai salah satu sumber protein terbaik pada anak.

Kampanye ini dilakukan mengingat masih tingginya angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) yang diakibatkan kurang gizi. Ketua IDI Zaenal Abidin mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan untuk mendorong tercapainya target Pembangunan Millenium (MDGs).

"Masalah kesehatan ibu dan anak sangat kompleks. Tetapi, dengan gerakan sederhana seperti deteksi dini dan pencegahan, jika dilakukan tepat, massif, dan konsisten, masalah yang besar akan kecil dan akhirnya bisa diselesaikan," kata Zainal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.