Kompas.com - 30/05/2015, 15:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anda sudah bersiap keluar rumah untuk berangkat kerja, tapi Anda kembali lagi karena bekal makan siang tertinggal. Namun begitu sampai di mobil, Anda juga ketinggalan membawa kuncinya dan tak ditemukan di dalam tas atau saku.

Robert Madigan, profesor psikologi di Universitas Alaska merupakan pakar di bidang memori. Dalam karirnya yang telah lebih dari 4 dekade, Madigan menemukan bahwa kemampuan mengingat manusia sebenarnya semakin baik, tapi masih banyak hal keliru yang dipercaya terkait dengan memori.

"Salah satu kesalahpahaman adalah kemampuan memori kita tidak berubah," kata Madigan dalam buku terbarunya How Memory Works and How to Make It Work for You.

Sebagian orang memang sering kesulitan dalam mengingat dibanding yang lain. Namun menurut Madigan bukan berarti kita tidak bisa memperbaikinya. "Ini seperti olahraga. Jika Anda ingin daya ingat lebih kuat, Anda harus melatihnya," katanya.

Berikut adalah beberapa cara melatihnya.

1. Ambil jeda
Materi apa pun yang sedang Anda pelajari, ambilah jeda setiap beberapa waktu. Sayangnya orang tak selalu melakukan ini karena kebanyakan orang merasa akan lebih mudah jika mereka langsung memasukkan semua informasi ke otak dalam satu sesi.

2. Buat asosiasi
Mengingat nomer telepon yang tampaknya sangat tidak beraturan memang seperti hal yang mustahil. Triknya sebenarnya sederhana, buatlah asosiasi dengan sesuatu yang punya arti. Misalnya saja tanggal ulang tahun, hari jadi, atau hal-hal bermakna lain yang mirip dengan nomer telepon.

Untuk mengingat nama, lakukan hal yang sama. Misalnya, jika orang yang baru Anda kenal adalah Brad, bayangkan aktor Brad Pitt. Cara lain, saat pertama mendengar namanya, dengarkan dengan baik lalu ucapkan lagi namanya. Contohnya, "Hai Brad, senang berkenalan denganmu."

3. Tuliskan
Menuliskan dalam selembar kertas apa yang ingin Anda ingat, baik itu nomor telepon atau nama seseorang, ternyata akan lebih mudah melekat dalam ingatan. Sebaiknya tuliskan dengan pulpen, karena gerakan fisik seperti menulis lalu membacanya akan membantu mengumpulkan informasi.

4. Buat spesifik
Bila Anda perlu mengingat untuk mengambil laundry sepulang menjemput anak di sekolah, berikan informasi secara spesifik pada otak Anda. Jangan hanya mengatakan pada diri sendiri Anda akan mengambil laundry, tapi sebutkan Anda harus belok dua kali setelah lampu merah lalu lokasi yang dituju ada di sebelah kanan.

Penelitian menunjukkan, bahkan saat kita tidak memikirkannya, memori yang spesifik seperti itu akan lebih kuat dalam ingatan bawah sadar dan muncul saat kita memerlukannya.

5. Alih daya
Meski Anda merasa memiliki daya ingat yang kuat, tak perlu ragu untuk mengalih dayakan (outsource) beberapa hal pada teknologi. "Kita tak perlu mengingat semua hal karena kita bisa mengalihkannya pada teknologi," katanya.

Untuk mencegah lupa dimana menaruh kunci, kacamata, atau benda kecil lainnya, Anda bisa selalu meletakkan kunci di tempat yang sama. Dengan demikian Anda tak akan mencarinya lagi. Cara lain, ucapkan dengan keras dimana Anda menaruh kunci. Jadi saat Anda sedang mencarinya, memori Anda akan lebih kaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.