Kompas.com - 31/05/2015, 13:34 WIB
EditorBestari Kumala Dewi


KOMPAS.com
- Telur sudah dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang mengandung berbagai nutrisi, salah satunya adalah protein yang dapat memperkuat tulang. Hasil studi terbaru juga menunjukkan, menambahkan telur pada salad dapat membuat tubuh lebih sehat.

Menurut hasil sebuah studi yang dipublikasikan pada The American Journal of Clinical Nutrition, menambahkan telur pada salad , bisa membantu menyerap lebih banyak nutrisi yang ada pada sayur-sayuran, sehingga salad jadi  lebih sehat.

Dalam studi tersebut, dilakukan penelitian pada beberapa partisipan pria. Mereka diberikan jenis salad yang berbeda. Satu salad tidak ada telurnya, yang lainnya ditambahkan 1,5scrambled eggs, salad sisanya ditambahkan 3scrambled eggs. Tujuannya, ingin melihat bagaimana pria-pria tersebut menyerap karotenoid, sejenis antioksidan, dari salad.

Dengan menguji darah partisipan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan salad dengan telur, memiliki karotenoid yang lebih banyak di sistem tubuh mereka. Efeknya semakin besar pada pria yang menambah 3 telur pada saladnya. Namun, para peneliti menyarankan, dua telur juga sudah cukup.

Apa yang istimewa dari telur? Lemak pada kuning telur. Berdasarkan studi, penyampuran lemak dengan sayuran bisa menyerap nutrisi lebih banyak, karena karotenoid adalah senyawa yang larut dalam lemak, sehingga dapat membantu memasuki aliran darah.

Para peneliti memilih mempelajari telur, karena telur adalah toping yang biasa digunakan pada salad. Peneliti mengorak-arik telur tersebut, agar para partisipan mengonsumsi seluruh bagian telur, terutama kuningnya. Namun, bisa juga menambah telur rebus atau telur ceplok pada salad Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.