Kompas.com - 08/06/2015, 12:43 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Rasa lesu dan sulit berkonsentrasi di pagi hari biasanya akan kita alami setelah sebelumnya habis begadang.  Ternyata salah satu penyebabnya bukan cuma karena kurang tidur, tapi juga porsi makan yang terlalu banyak saat makan malam.

Membatasi porsi makan di malam hari ternyata bisa mengurangi efek kelelahan. Meski habis begadang, namun orang yang makan malam hanya sedikit tetap memiliki kemampuan mental yang lebih baik.

Beberapa penelitian menunjukkan, saat sedang kelelahan seseorang cenderung mengasup 500 kalori lebih banyak ketika makan malam.

Dalam studi terbarunya Dr.David Dinges dari Universitas Pennsylvania menemukan bukti bahwa jika kita mampu menahan diri saat makan malam, penurunan kemampuan otak bisa dicegah akibat kurang tidur.

Dalam penelitiannya itu, diketahui orang yang mengurangi asupan kalori dari makan malamnya tetap memiliki kemampuan reaksi dan konsentrasi lebih baik setelah selama empat malam selalu kurang tidur.

Walau begitu tetap usahakan untuk memiliki jam tidur yang cukup. Kurang tidur terkait dengan obesitas, penyakit diabetes, dan gangguan mental. Orang yang sering begadang juga diketahui memiliki kemampuan metabolisme yang lebih lambat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.