Kompas.com - 08/06/2015, 19:22 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Seks bagi hubungan yang bahagia bagaikan garam pada makanan: wajib ada agar tak terasa hambar. Gairah seks yang terus menyala dengan pasangan juga akan membuat Anda memiliki keseimbangan hidup.

"Hubungan seksual adalah sesuatu yang cuma Anda lakukan dengan pasangan sehingga itu adalah hal yang spesial," kata psikolog klinis Ursula Ofman.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dilakukan pasangan yang menyukai kehidupan seks yang dimilikinya.

- Percaya diri
Salah satu hal yang harus dimiliki oleh seseorang adalah rasa yakin bahwa libido pasangan mereka akan terpancing saat bersamanya. "Masing-masing harus memiliki keyakinan ini sehingga mendorong rasa ketertarikan seksual," kata Ofman.

- Tak meremehkan hal kecil
Kejutan dalam hubungan seksual memang bisa menggairahkan api cinta yang mulai padam. Namun, pasangan yang bahagia tahu mereka tak membutuhkan hal-hal besar untuk membuat gairah terus menyala. Obrolan singkat di telepon saat makan siang, bergandengan tangan, atau mengirim pesan rayuan bisa membantu meningkatkan keintiman.

- Fokus hal positif
"Pasangan yang berbahagia akan lebih fokus pada apa yang mereka nikmati bersama secara positif saat bercinta, bukannya fokus pada apa yang tidak mereka sukai dari diri pasangan," kata Jane Greer, psikolog. Sikap positif tersebut akan membuat pengalaman seksual lebih memuaskan.

- Mencari waktu
Kebanyakan orang menganggap seks adalah sesuatu yang datang secara alami. Pandangan itu tidak salah, tetapi kita hidup di dunia yang sangat sibuk sehingga banyak urusan yang butuh perhatian dan membuat lelah. Diskusikan dengan pasangan untuk membuat jadwal bercinta agar gairah seksual terus berkobar.

- Jangan terbebani
Siapa yang tak suka jika setiap kali sesi bercinta selalu seromantis dan "sepanas" dalam film. Namun, dalam dunia nyata, hal itu tak selalu terjadi. "Jangan merasa hubungan seks harus selalu spektakuler. Ini bukan pertandingan olahraga. Seks adalah pengalaman yang intim bagi satu sama lain," kata Ofman.

Tekanan untuk membuat hubungan seks sempurna hanya akan membuat semuanya berantakan, apalagi jika Anda dan pasangan tak terlalu sering bercinta.

- Selalu responsif
Bukan berarti Anda harus berhubungan seksual jika tak ingin melakukan hal tersebut. Pasangan yang berbahagia peka dan terbuka pada keinginan pasangan mereka dan bersikap responsif. Misalnya, meski sebenarnya sedang tak mood untuk bercinta, jangan buru-buru mengatakan tidak, tetapi mengganti penetrasi seksual dengan pelukan dan ciuman mesra atau kontak seksual lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.