Kompas.com - 13/06/2015, 12:38 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok, penis anak saya kecil sekali, sudah periksa ke dokter dan disebutkan penisnya tertutup oleh lemak. Saat itu anak saya berusia 4 tahun dengan BB 30kg. Sekarang usianya 6 tahun, berat badan sekitar 31kg. Oleh dokter disebutkan ia overweight.

Apakah ukuran penis anak saya bisa kembali normal jika berat badannya turun? Karena dari sejak saya periksakan sampai sekarang belum juga ada perubahan pada bentuk penisnya. Sekedar informasi, lemak di area sekitaran penis berada memang terlihat cukup tebal. Terima kasih

Krisna Swari (27), Denpasar


JAWAB :

Berdasarkan usianya, dengan berat badan 31 kg status gizi si kecil kemungkinan benar overweight atau obesitas, namun sayangnya Ibu tidak menyebutkan tinggi badannya.

Pada kondisi tersebut mungkin saja terjadi penimbunan lemak di beberapa bagian tubuh termasuk di bagian bawah perut. Hal ini dapat menyebabkan penis seperti tertarik/tertimbun oleh jaringan lemak tersebut sehingga seringkali tampak kecil atau yang biasa disebut sebagai penis yang tertanam/buried penis.

Namun demikian sebaiknya dilakukan pengukuran panjang penis yang lebih akurat kemudian dibandingkan dengan standar panjang penis sesuai usianya. Sebaiknya ibu dapat membawanya ke dokter ahli endokrinologi anak yang terdapat di kota ibu dalam hal ini di RS Sanglah sehingga akan didapatkan kepastian mengenai ukuran penis si kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.