Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2015, 15:25 WIB

TANYA:

 
Dokter, di bagian atas sebelah kiri gusi saya terdapat benjolan lunak terasa perih, dan bisa pindah-pindah bila disentuh. Saya sekarang juga lagi sakit gigi karena gigi berlubang, yang mau saya tanyakan penyakit apa itu dan bagaimana mengatasinya?
Dedi Saputra (40), Pekanbaru

JAWAB:

Halo Bapak Dedi di Pekanbaru,
Membaca keluhan Anda yaitu gigi berlubang, ada rasa sakit yang timbul, terdapat benjolan lunak dan berpindah bila disentuh di gusi di kiri atas merupakan gejala adanya infeksi pada gigi tersebut.

Infeksi dimulai ketika lubang pada gigi yang terlampau dalam, sehingga bakteri mengeluarkan toksinnya dan menimbulkan infeksi di ruang saraf serta pembuluh darah gigi. Infeksi tersebut dapat menyebar sampai ke ujung akar gigi, dapat menimbulkan pembengkakan pada ujung akar gigi, bahkan dapat menonjol keluar gusi.

Rasa sakit yang Anda rasakan saat ini, diakibatkan oleh tekanan di dalam ruang gigi tersebut yang mendesak keluar, namun terhalang oleh struktur gigi yang keras dan kaku.

Gigi yang berlubang, timbul rasa sakit, dan ada benjolan di gusi, tidak selalu harus dicabut. Gigi tersebut dapat dipertahankan dengan syarat sisa gigi serta perbandingan mahkota-akar giginya dapat menopang tambalan, tidak ada retak sampai ke akar gigi, dan keadaan jaringan di sekeliling gigi dan akar gigi tersebut baik.

Jika gigi Anda memenuhi persyaratan tersebut, maka pilihan perawatannya adalah dilakukan perawatan saluran akar gigi. Tujuan perawatan ini adalah mempertahankan gigi yang tersisa dengan menciptakan kondisi yang bebas dari infeksi apapun di seluruh bagian gigi dan jaringan sekitar gigi, serta mengembalikan fungsi kunyah, fonetik, dan estetik melalui pembuatan tambalan gigi yang sesuai dengan bagian gigi yang tersisa.

Jumlah kunjungan perawatan saluran akar gigi bervariasi, tergantung beratnya kasus. Biasanya diperlukan kunjungan lebih dari 1 kali.

Sebagai referensi tambahan, silahkan anda lihat artikel konsultasi kesehatan gigi dan mulut pada tanggal 16 April 2014 dengan judul “Gigi Berlubang dan Infeksi, Ini Tandanya”.

Untuk melakukan perawatan saluran akar gigi ini, sebaiknya Anda segera mendatangi dokter gigi spesialis konservasi gigi (Drg., SpKG), sehingga penjelasan dan perawatan yang dilakukan akan lebih memadai sesuai kompetensi yang dimiliki spesialisasi tersebut.

Demikian Bapak Dedi, semoga informasinya bermanfaat.
Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com