Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2015, 17:48 WIB
KOMPAS.com  - Penyebab sakit kepala sangat beragam, stress dan kurang istirahat adalah beberapa penyebabnya. Jika Anda termasuk  sering terserang sakit kepala, cobalah untuk mengenali penyebabnya, misalnya dengan memerhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi atau kegiatan apa yang baru dilakukan yang bisa memicu sakit kepala. Setelah mengenali penyebabnya, ketujuh hal ini bisa dilakukan untuk mengatasi dan menjauhkan kita dari sakit kepala.

1. Istirahat sebentar

Jika sakit kepala disebabkan karena padatnya pekerjaan, sebaiknya ambil waktu untuk beristirahat sebentar. Salah satu cara sederhana adalah menutup mata sekitar lima menit untuk menyegarkan mata kembali atau kita bisa berjalan-jalan di sekitar ruangan kantor sambil melihat sesuatu yang menyegarkan mata. Tidak hanya itu, dengan mendengarkan musik favorit pun, bisa menjadi pilihan untuk terhindar dari stres dan sakit kepala.

2. Camilan sehat

Bekerja sambil mengonsumsi makanan ringan, tidak baik karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak terkontrol. Namun, sakit kepala juga dapat disebabkan oleh gula darah rendah atau tekanan darah rendah. Pilihlah camilan sehat yang kaya protein dan magnesium. Dengan itu tubuh dapat kembali fit.

3. Pijat

Tidak perlu pergi ke tempat pijat dan membayar mahal. Cukup pijat kepala sendiri selama lima belas menit. Ini akan menjadi salah satu cara yang baik untuk menghindari sakit kepala. Pijatan dapat mengendurkan otot. Kepala yang terlanjur sakit pu,n akan menjadi lebih baik jika rutin memijatnya dengan baik.

4. Cairan tubuh yang cukup

Dehidrasi ternyata juga menjadi penyebab sakit kepala. Jika kekurangan konsumsi air sepanjang hari, maka akan menyebabkan dehidrasi yang kemudian menjadi sakit kepala. Air putih dan teh hijau adalah pilihan minuman yang terbaik untuk mengurangi sakit kepala.

5. Singkirkan laptop

Pekerjaan yang menuntut duduk berjam-jam di depan layar laptop akan sangat melelahkan. Terlalu lama berhadapan dengan layar laptop juga menyebabkan ketegangan mata dan sakit kepala. Tidak hanya itu, kita juga akan mengalami kekakuan otot di daerah leher, jadi biasakan beristirahat dari layar laptop setiap dua jam sekali selama 5-10 menit.

6. Olahraga teratur

Dengan berolahraga, tubuh akan fleksibel dan terhindar dari masalah kekakuan serta nyeri otot yang dapat menyebabkan sakit kepala.  Olahraga akan meningkatkan suplai oksigen ke otak. Karena itu, olahraga sangatlah penting untuk membantu menghilangkan sakit kepala. Tak perlu olahraga yang berat, jogging 30 menit sehari cukup membuat tubuh tetap segar dan sehat.

7. Kurangi rokok dan alkohol

Kedua hal ini merupakan penyebab sakit kepala. Merokok dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh dan alkohol akan menimbulkan masalah tekanan darah. Tak hanya menyebabkan sakit kepala, kedua hal ini pun nyatanya benar-benar tidak baik untuk kesehatan kita.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com