Kompas.com - 21/06/2015, 18:22 WIB
Ilustrasi sup hangat. SHUTTERSTOCKIlustrasi sup hangat.
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Batuk atau pilek umumnya disebabkan oleh virus yang akan sembuh dengan sendirinya, tanpa memerlukan konsumsi obat. Selain disarankan untuk beristirahat cukup, dokter juga akan menyarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman hangat untuk meringankan batuk dan pilek.

Dengan mengonsumsi makanan atau minuman hangat, akan membantu meningkatkan aliran lendir di rongga hidung pada seseorang yang sedang mengalami batuk pilek. Hal inilah yang diyakini dapat menghambat perkembangan virus yang menjadi penyebab pilek di rongga hidung.

Tidak hanya itu, dalam sebuah studi yang berjudul “The effects of a hot drink on nasal airflow and symptoms of common cold and flu” juga menyebutkan, bahwa minuman atau makanan hangat terbukti bermanfaat memberikan perasaan lega dan membantu mengurangi tingkat keluhan akibat batuk pilek yang biasa muncul, seperti hidung tersumbat, batuk, bersin, gatal di tenggorokan, kedinginan, hingga rasa lelah.

Jadi, saat terserang flu dan batuk, perbanyaklah konsumsi sup hangat, air hangat ataupun teh hangat untuk membantu proses penyembuhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.