Kompas.com - 27/06/2015, 17:48 WIB
EditorBestari Kumala Dewi


KOMPAS.com
- Perubahan iklim memang sering kali membawa dampak buruk bagi kesehatan. Namun, bukan sekedar menjadi penyebab flu atau batuk, perubahan iklim ternyata berefek buruk pada kemajuan kesehatan. Begitulah menurut studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal The Lancet.

Perubahan iklim dapat menghapus kemajuan kesehatan selama 50 tahun. Perubahan iklim berpotensi menimbulkan risiko luar biasa pada kesehatan publik, terutama pada penyebaran penyakit, keamanan makanan, polusi udara, dan sebagainya.

“Ketika perubahan iklim digolongkan pada masalah kesehatan, bukan hanya tantangan lingkungan, ekonomi dan teknologi, jelas artinya bahwa kita menghadapi masalah sulit yang menyerang hidup manusia,” tulis Richard Horton, editor Lancet.

Masalah kesehatan yang disebabkan perubahan iklim semakin nyata. Cuaca ekstrem seperti badai dan tornado melukai dan membunuh banyak orang, dan kejadian ini makin lama makin sering. Beberapa wilayah, bahkan terpapar cuaca panas yang ekstrem.

Studi ini juga mengatakan, bahwa ada konsekuensi sekunder yang menyerang kesehatan manusia melalui cara-cara yang tidak diperkirakan sebelumnya. Polusi udara dapat menyebabkan alergi. Kekeringan menyebabkan penurunan pada bidang agrikultural yang bisa mengacaukan ekosistem.

Meski, perubahan iklim bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan, di sisi lain bisa jadi kesempatan yang baik untuk membangun “sistem kesehatan yang lebih kuat”. Kebutuhan untuk mengurangi pemanasan global menginspirasi untuk beralih ke clean energy. Hal tersebut bisa mendukung sebuah kota, untuk melaksanakan gaya hidup sehat. Lagipula, mengendarai sepeda ke tempat kerja bukan hanya menghemat bensin, tapi juga memperbaiki lingkungan serta kesehatan kita.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.